Misi Selesai!, Dibantu Nelayan Tim SAR Temukan Kapal Inka Mina

Tim SAR saat berada di kapal KN SAR Samba.

RadarGorontalo.com – Misi pencarian kapal Inka Mina oleh tim SAR Gorontalo, dinyatakan selesai. Tim SAR Gorontalo yang dibantu nelayan, akhirnya menemukan keberadaan kapal jenis fishing boat tersebut setelah terombang ambing hampir seharian penuh di laut Sulawesi akibat kerusakan mesin. “Dengan ditemukannya kapal Inka Mina pada sekitar pukul 16.30 WITA Selasa (04/09/2018), maka tim KN SAR Samba Gorontalo kembali ke Pangkalan di Pelabuhan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.

Operasi dinyatakan selesai, seluruh personil yang terlibat, kembali ke satuan masing- masing. Kami masih menunggu informasi selanjutnya beserta dokumentasi tentang ketibaan 12 ABK di Tanjung Buol setelah dievakuasi oleh petugas,” kata Kepala SAR Gorontalo Bayu Artiyoso Mandiri, ST . MM.

Baca JugaKapal Inka Mina Mati Mesin di Laut Sulawesi

Berdasarkan laporan yang disampaikan anggota SAR yang terlibat dalam misi pencarian dan penyelamatan 12 ABK ini, Bayu mengatakan, kapal Inka Mina dari Buol tersebut ditemukan pada titik kordinat 1°31’146”N – 121°03’412”E. Tim sempat kesulitan untuk mendapatkan posisi  kapal tersebut. Ini karena kapal itu tak dilengkapi dengan alat bantu navigasi.

“Tim SAR dibantu nelayan yang tengah mencari ikan. Informasi yang diberikan nelayan menjadi petunjuk bagi tim. Tim SAR Gorontalo menemukan kapal tersebut pada titik koordinat 1°31’146”N – 121°03’412”E,” jelas Bayu.

Bayu juga menjelaskan, sebagaimana informasi awal yang diterima pihaknya, kapal tersebut hanya membawa 10 awak. Tapi begitu kapal ditemukan tim pencari dan penyelamat, sudah bisa dipastikan bahwa ada 12 ABK di kapal Inka Mina. “12 ABK sudah dievakuasi menggunakan dua perahu nelayan menuju Tanjung Buol,” kata Bayu.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.