Miras dan Balap Liar Hantui Kota, Begini Solusi Kapolres

Ilust by Anwart

RadarGorontalo.com – Hati-hati, Gorontalo masih rawan minuman keras (miras) dan balap liar. Data perengkingan secara nasional, Gorontalo menduduki peringkat empat sebagai daerah peredaran minuman beralkohol. Tingkat konsumen minuman beralkohol cukup tinggi.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Robin Lumban Raja mengakui Kota Gorontalo masih menjadi target peredaran miras. Ini dibuktikan hasil tangkapan miras oleh tim operasi razia Polres Gorontalo Kota.

Robin juga mewaspadai menjelang Natal dan tahun baru peredaran miras, khususnya Cap Tikus (CT) akan meningkat. Bukan tanpa alasan. Mantan Kapolres Bone Bolango ini punya pengalaman tersendiri.

Saat bertugas di Bone Bolango, Robin berhasil memusnahkan 2,5 ton miras jenis CT yang banyak didistribusi dari luar Gorontalo yakni Sulawesi Utara. “Ini pengalaman saya di Bone Bolango, kalau sudah menjelang Natal, pasokan miras meningkat dari luar daerah.” ujarnya.

Sehingga itu, Robin berharap ada sinergitas dari anggota yang berjaga di wilayah perbatasan. Selain miras, Robin juga mewaspadai balap liar yang ramai di Kota Gorontalo.

Sudah ratusan kendaraan bermotor yang berhasil diamankan Mapolres Gorontalo Kota akibat balap liar yang pelakunya rata-rata pelajar. Ini harus dicarikan solusi bersama antara penegak hukum, pemerintah daerah, legislatif dan tokoh masyarakat.

“Kalau saya tawarkan solusi bangun sirkuit atau track balap motor, usulnya. Kalau ada sirkuit, maka manfaatnya banyak. Selain anak-anak muda bisa menyalurkan hobi dan bakat mereka, sirkuit ini bisa menjadi solusi menekan angka kecelakaan lalu lintas yang sering diakibatkan balap liar. (rg-62)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *