Menteri Pertanian : Berapa Saja Gorontalo Minta, Akan Saya Kucurkan

Mentan Andi Amran Sulaiman saat berbincang dengan Rusli Habibie, dalam kunjungan

RadarGorontalo.com – Perhatian Rusli Habibie terhadap petani Gorontalo, tak perlu diragukan. Saat menjabat Gubernur di periode pertama, segala cara dilakukannya untuk mendorong sektor pertanian. Bahkan, belum lama ini ketika bantuan benih senilai ratusan miliar terancam batal, Rusli nekat melakukan lobi ke pusat, agar tidak menghapus Gorontalo dari daftar penerima bantuan benih. Padahal, dirinya belum resmi menjabat Gubernur. Dan begitulah Rusli, baginya tak harus menunggu dilantik dulu baru mengabdi untuk rakyat.

Jumat (21/4), Menteri Pertanian Amran Sulaiman berkunjung ke Gorontalo, dalam launching pengiriman 10.015 ton jagung dari pelabuhan Gorontalo ke pelabuhan Cigading Banten. Dalam sambutannya, Mentan memuji kerja keras Rusli Habibie dan Pemprov, yang berhasil mendorong peningkatan produksi pertanian khususnya untuk komoditi jagung. “Hasilnya bisa kita lihat bersama jumlah jagung yang akan dikirim hari ini dalam sekali pengapalan sungguh luar biasa,” ujar Mentan yang dalam kunker kali ini meminta langsung sang Gubernur terpilih Rusli Habibie untuk mendampinginya.

Dan besarnya kontribusi dari Gorontalo, berhasil ikut mengurangi jatah impor jagung ke Indonesia, yang tahun 2015 sempat tembus 3,6 juta ton, namun di 2016 turun hingga 66 persen. “Hingga bulan April belum ada permintaan impor jagung, dan ini berkat kontribusi Gorontalo,” timpalnya lagi.

Satu hal menarik, menurut Mentan, terobosan Rusli Habibie kala menjabat gubernur di periode pertama, yakni mengagas program Brigade Alsintan, patut ditiru daerah lain. Karena menurutnya, program itu sangat membantu pemerintah dan masyarakat, dalam pemanfaatan Alsintan. “Gorontalo sangat hebat, program ini sudah banyak diadopsi daerah lain, karena program Brigade Alsintan membangunkan petani tidur dan lahan tidur,” tegasnya.

Dan atas keberhasilan meningkatkan produksi jagung tersebut, Mentan Amran Sulaiman menjanjikan akan menambah alokasi bantuan benih jagung ke Provinsi Gorontalo. Bahkan lanjut Amran, untuk penyaluran benih jagung ke Provinsi Gorontalo pada musim tanam ini, tercatat sebagai penyaluran tercepat. “Dengan keberhasilan ini, berapa saja Gorontalo mau minta bantuan, akan saya kucurkan, selama targetnya bisa dicapai. Hari ini anda minta, saat itu juga kami kirim,” ungkapnya.

Rusli sendiri saat ditemui usai kegiatan, menegaskan kembali komitmennya untuk rakyat khususnya petani Gorontalo. “alhamdulillah berkat perhatian mentan RI dan kerjasama Plt. Gub, petani gorontalo dapat kembali bergembira dengan adanya bantuan2 ini,” ujarnya singkat. (rg-25)




Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.