Mensos Bawa Bantuan Miliaran Rupiah

==Rangkaian kegiatan Mensos RI didampingi Wagub Idris Rahim dan Ketua BKOW, di Provinsi Gorontalo, kemarin (F.HUMAS)==
==Rangkaian kegiatan Mensos RI didampingi Wagub Idris Rahim dan Ketua BKOW, di Provinsi Gorontalo, kemarin (F.HUMAS)==

Kunker di Provinsi Gorontalo

GORONTALO (RADAR) – Kunjungan kerja Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, ke Provinsi Gorontalo, membawa berkah bagi para lanjut usia (lansia) di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Beringin Kelurahan Hutuo Limboto, Kabupaten Gorontalo. Pada kesempatan itu, Mensos yang turut didampingi Wagub Idris Rahim dan Ketua BKOW Provinsi Gorontalo, Nurindah Rahim, menyerahkan bantuan Home Care senilai 90 juta rupiah bagi 75 lansia dan bantuan Asistensi Lanjut Usia sebesar 1,440 miliar rupiah untuk 600 lansia selama satu tahun, dimana masing-masing lansia akan menerima 200 ribu rupiah perbulan dan akan diserahkan per empat bulan. “Bagi para lansia yang belum menerima, tolong segera didaftarkan, karena mulai Desember 2016 akan ada tambahan PKH Lansia sebanyak 125 penerima baru dengan kriteria di atas usia 70 tahun,” kata Khofifah.

Terkait masih adanya Lansia yang belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), Khofifah menjelaskan, hal itu disebabkan oleh adanya informasi yang tidak jelas di daerah,  yang menganggap bahwa KIS hanya menjadi kewenangan Kementerian Kesehatan, sehingga mengakibatkan banyak para Lansia yang layak untuk menerima KIS, justru belum menerimanya. “Informasi itu kurang pas, karena BPJS hanya akan mengeluarkan kartu ini kalau sudah di SK kan oleh Menteri Sosial,” jelas Mensos. Oleh karena itu, Khofifah menginstruksikan kepada Kepala Dinas Sosial untuk segera mendata dan mendaftar para Lansia yang layak menerima KIS, dan segera melaporkannya ke Kementerian Sosial untuk di SK kan dan ditembuskan ke Kementerian Kesehatan dan BPJS. “Segera masukan datanya, kalau bisa datanya saya akan bawa pulang ke Jakarta, sehingga paling lambat minggu depan kartunya sudah bisa dibagikan, karena saat ini kita memiliki 4,7 juta kartu,” ujarnya.

Usai ramah tamah dengan para Lansia di PSTW Beringin, Menteri Sosial melanjutkan kunjungan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Al-Hijrah di Kelurahan Tuladengi, Dungingi, Kota Gorontalo. Di lokasi tersebut, Khofifah berbagi keceriaan bersama anak-anak panti dengan membagikan hadiah kepada anak yang berani tampil kedepan menyampaikan pesan untuk menjauhi narkoba dan minuman keras, serta anak-anak yang telah berhasil mengkhatam Al-Qur’an. Mensos juga menyerahkan bantuan kepada pimpinan LPKS Al-Hijrah sebesar 84 juta rupiah.

Sementara itu, Wagub Idris Rahim atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo mengucapkan terima kasih atas perhatian yang sudah diberikan oleh Menteri Sosial melalui program-program yang diarahkan ke Provinsi Gorontalo. Kedepan Idris berharap, alokasi anggaran dari Kementerian Sosial ke Provinsi Gorontalo akan semakin meningkat, dalam rangka mendukung upaya percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Gorontalo. “Saya ucapkan terima kasih kepada ibu Menteri Sosial yang disela-sela kesibukannya yang amat padat, dapat berkunjung dan melihat langsung kondisi panti Werdha dan LKSA di Provinsi Gorontalo,” pungkas Idris. (RG-25)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *