Memprihatinkan, Bangunan SMA 5 Kwandang Kritis

Kondisi bangunan SMA 5 Kwandang, saat dikunjungi tim reses dapil V kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). (foto: nikson/RG)

RadarGorontalo.com – Lebih dari dua tahun terakhir ini, kondisi bangunan di SMA Negeri 5 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), sangat memprihatinkan dan membutuhkan dukungan dari pemerintah, untuk relokasi atau pemindahannya ke tempat lain, yang lebih aman dan representatif.

Apa sebab? Karena, tidak hanya di masa reses para aleg Deprov Gorontalo dari daerah pemilihan (dapil) V Gorut, seperti saat ini saja, yang mendulang keluhan akan relokasi atau pemindahan sekolah itu. Namun juga, dari sejumlah kunjungan lapangan Komisi IV Deprov, terkait pendidikan ke sekolah ini, aspirasi itu, senantiasa disuarakan.

Olehnya, jajaran tim reses dapil V Gorut, yang diketuai oleh Hamzah Sidik, saat reses di sekolah tersebut, kemarin, upaya akan relokasi SMAN 5 Kwandang, yang mengakomodir sebanyak 600-an siswa ini, sudah saatnya dilakukan. “Dalam artian, harus ada kerja sama, provinsi dan Pemda kabupaten Gorut. Misalnya, pemerintah kabupaten Gorut yang menyediakan hibah lahan untuk relokasinya.

Sementara, dari provinsi yang membangun sekolah tersebut. Sebab, bukankah, kewenangan pendidikan untuk jenjang SMA/SMK, sudah ditangani oleh provinsi, per 1 Januari 2017 lalu, sesuai UU 23 tahun 2014,” ujar anggota tim dapil V Gorut, yang juga anggota Komisi IV Deprov, bidang pendidikan, Hendra Nurdin, senin (22/05). “Olehnya, kami akan berjuang, mengupayakan, agar hal ini, segera beroleh tindaklanjutnya,” sahut dia lagi.

Kondisi bangunan dari SMAN 5 Kwandang, sudah harus dilakukan relokasinya. Sebab, kondisi dan struktur tanah di tempat berdirinya sekolah itu, tidak cocok dan layak, untuk didirikan sebuah bangunan. Karena kerap, bangunannya mengalami retak disana-sini. Sehingga, mengkhawatirkan aktivitas dari proses belajar mengajar di sekolah tersebut. (ay1/rg)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *