Mau Tau Berapa Gaji Kepala Lingkungan? Simak Apa Kata Politisi Demokrat

Sjafrudin Junaidi

RadarGorontalo.com  – Istilah “jao Manado” yang sering disentil sebagian orang dikala membandingkan sesuatu, layak terucap ketika melihat perbandingan gaji kepala lingkungan yang sangat siknifikan antara Kota Gorontalo dan Kota Manado.

Iya, gaji per bulan kepala lingkungan di Kota Manado sudah mencapai standar UMPyakni Rp. 2,8 juta per bulan. Sedangkan di Kota Gorontalo gajinya sangat memprihatinkan, yakni Rp. 525 ribu per bulan.  “Kira-kira ada sekitar Rp. 2,2 juta perbandingan antara gaji kepala lingkungan kita dengan Manado.

Sama halnya dengan tenaga penunjang ataupun honorer, disesuaikan dengan APBD,” ungkap anggota fraksi Demokrat, Sjafrudin Junaidi, usai melakukan studi banding ke kota Manado beberapa waktu yang lalu. Dirinya sangat memberikan apresiasi kepada pemerintah kota Manado, dimana untuk gaji kepala lingkungan saja sudah dapat dimaksimalkan.

“Saya kira jumlah ini layak untuk kepala lingkungan yang punya peranan penting di setiap kelurahan,” terangnya. Perbedaan yang sangat siknifikan ini, tambahnya, disebabkan oleh posisi APBD. APBD untuk Kota Gorontalo masih dalam posisi sedang, sedangkan Kota Manado sudah cukup tinggi.

Hebatnya, jumlah penduduk di Kota Manado jauh lebih banyak dibandingkan Kota Gorontalo, kurang lebih 500 ribu penduduk untuk Kota Manado dan 196 ribu penduduk untuk Kota Gorontalo. “Harapan kami, kedepan perbandingan jumlah ini menjadi perhatian khusus pemerintah dan DPRD.

Karena kalau melihat rujukan aturan, sebenarnya semua gaji yang harus dibayarkan pemerintah kepada masyarakat minimal harus sesuai UMP,” tambah Sjafrudin.  Selain itu, di Kota Gorontalo belum ada aturan Upah Minimum Kota atau UMK. Sehingga cukup sulit kalau untuk melakukan penyesuaian gaji kepada tenaga penunjang.

“Ini satu langkah maju yang sudah dilakukan pemeirntah Kota Manado, tidak ada salahnya kita ikuti, walaupun tidak sebesar realita yang ada, paling tidak ada peningkatan,” katanya. Sesuai informasin, proses rekrutmen untuk kepala lingkungan di Kota Manado dilakukan langsung oleh Dinas Sosial dan seluruh masyarakat berebut untuk meraih posisi itu ditiap-tiap kelurahan. (rg-63)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.