Masuk 50 Besar Versi Webometrics, UNG Terbaik di Indonesia

UNG

RadarGorontalo.com – Universitas Negeri Gorontalo dalam 50 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018. Ini berdasarkan hasil pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia versi webometrics yang di-publish bulan Januari 2018 melalui laman http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia. UNG ada di peringkat 42. Ini capaian menggembirakan, mengingat perguruan tinggi saat ini jumlahnya mencapai 4.504 dan tersebar di seluruh Indonesia.

Pencapaian peringkat 42 Perguruan Tinggi terbaik versi webometric di tahun 2018 tersebut, mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Dimana berdasarkan hasil pemeringkatan tahun 2017 UNG hanya bertengger di peringkat 56 Perguruan Tinggi terbaik versi webometrics tahun 2017.

Webometrics merupakan sistem yang memberikan penilaian terhadap kemajuan Universitas sedunia melalui website resminya. Webometrics menilai universitas-universitas menggunakan presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%).

Presence (20%) merupakan jumlah halaman web host pada webdomain utama (termasuk subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Untuk Impact (50%) merupakan kualitas konten dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain universitas dari pihak ketiga.

Untuk Openness (15%) merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang terindeks mesin pencari (Google Scholar). Sedangkan Excellence (15%) merupakan jumlah publikasi artikel ilmiah perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Google Scholar atau mesin pencari yang menjadi indikator penilaian webometrics.

Kepala Subbagian Hukum dan Humas UNG Lenny DJ Muda, SH, menjelaskan, untuk pemeringkatan Perguruan Tinggi terbaik se Indonesia versi webometric di tahun 2018, UNG mengalami peningkatan 14 peringkat dari tahun sebelumnya menjadi peringkat 42.

“Ada lebih dari 20.000 perguruan tinggi di dunia dari 200 negara yang dinilai Webometrics, dan Alhamdulillah untuk Indonesia UNG berhasil bertengger diposisi 42 Perguruan Tinggi se Indonesia,” Jelasnya. Menurut Lenny, pencapaian peringkat webometric diawal tahun dapat menjadi pelecut semangat bagi UNG untuk dapat terus meningkatkan kualitas dalam menyongsong tahun 2018 dalam memperkuat terwujudnya visi dan misi UNG. “Insya Allah kedepan UNG dapat terus berkembang melalui prestasi dan kualitasnya,” ungkap Lenny.(rg-40/pr)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.