Marten Pimpinan Sidang APEKSI

Walikota Gorontalo Marten A Taha, sekaligus sebagai Ketua APEKSI Komwil IV, ketika menghadiri acara pembukaan Munas V APEKSI di Jambi. (Foto : Abink/RG)
Walikota Gorontalo Marten A Taha, sekaligus sebagai Ketua APEKSI Komwil IV, ketika menghadiri acara pembukaan Munas V APEKSI di Jambi. (Foto : Abink/RG)

Didaulat Walikota se Indonesia

RadarGorontalo.com – Bekal kemampuan dalam berorganisasi semasa kuliah, ada manfaatnya juga bagi Walikota Marten Taha. Kamis (28/7), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) akan menggelar musyawarah nasional (Munas) ke lima. Dalam pembukaan Rabu (27/7) di Ball Room, Hotel Abadi Swet Jambi, para walikota sepakat menunjuk Marten sebagai pimpinan sidang dalam munas Kamis (28/7).

Kata Walikota Marten A Taha, dalam sidang tersebut selain membahas soal beberapa kebijakan, yang telah dilahirkan Pemerintah Pusat. Seperti perturan pengalihan Apartur Sipil Negara (ASN) dan aset daerah, dari Pemerintah Kota ke Provinsi Gorontalo. Serta aturan tentang peleburan beberapa pejabat SKPD di masing – masing daerah. Juga mebahas soal reorganisasi, yang akan dilakukan masing-masing Ketua Komwil APEKSI serta pengurus APEKSI lainnya. “Dalam sidang nanti, ada beberapa nama yang akan diusulkan masing-masing Ketua Komwil APEKSI. Untuk dari Komwil IV APKESI, saya menyarankan agar tongkat estapet Ketua APEKSI ini, diteruskan pada Walikota yang masih memiliki masa jabatan lama,”terang Walikota. Kemudian kalau bicara soal APKESI, dalam sidang tersebut pihaknya juga akan membahas soal otonomi daerah.

Yakni pemberian kewenangan yang diberikan Pemerintah Pusat, terhadap daerah, dalam melaksanakan tuga baik itu urusan wajib atau pilihan daerah itu sendiri. Nah, dalam pembahasan ini tambah Walikota, tentu akan berkaitan dengan beberapa keijakan yang dilahirkan Pemerintah Pusat. Yang terkesan, menghambat tugas masing-masing Kepala Daerah, dalam membangun daerah. “Seperti informasi yang kita peroleh, sudah ada beberapa daerah yang mengajukan protes di Pemerintah Pusat, terkait kebijakan itu. Nah, kita Kota Gorontalo, akan mengambil tindakan kalau sudah ada hasil dari Munas APEKSI ini. Karena hasil dari Munas tersebut, nantinya akan diajukan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI,”terang Walikota. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.