Mantap! Kopi Pinogu Tembus Belgia, Begini Ceritanya…

SAMUEL Delfose bersama keluarga saat menikmati kopi pinogu di kediamannya di Belgia. (foto : istimewa)
SAMUEL Delfose bersama keluarga saat menikmati kopi pinogu di kediamannya di Belgia. (foto : istimewa)

RadarGorontalo.com – Dulu Jerman kini Belgia, Kopi Pinogu terus keliling Eropa. Kopi Pinogu jadi minuman keluarga disana. Mereka memberikan testimoni langsung nikmatnya menyeruput kopi asli dari Bone Bolango ini. Sekarang Kopi Pinogu sepertinya bisa bersaing dengan 10 jenis kopi di dunia. Mulai dari kopi Tanzania, kopi Hawai, kopi Arabika, kopi Sumatera, kopi Toraja dan kopi lainnya. Bahkan, bisa jadi kopi Pinogu bisa menyodok dijajaran elit jenis kopi dunia.

Sekertaris Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop), Basir Noho menceritakan bagaimana kopi Pinogu bisa menembus Belgia. Ini diawali dari pameran festival Karawo belum lama ini. Pada pameran tersebut, wisatawan asal Belgia datang ke stand Bone Bolango dan langsung belanja kopi Pinogu dalam bentuk bubuk maupun biji. Komunikasi kemudian berlanjut, hingga wisatawan Belgia kembali ke negerinya sekaligus promosi kopi Pinogu disana. Samuel Delfose nama orang belgia itu. Samuel datang ke Gorontalo saat itu bersama istrinya Ivon Susanty Miliangan serta keluarganya.

Istrinya mengirimkan foto keluarganya saat minum kopi bersama. Mereka pun memberikan testimoni positif. Bahkan ayah dari Samuel yang juga seorang dokter, siap membantu dan memperkenalkan kopi Pinogu di Belgia, karena orang Eropa gemar minum kopi. “menurut saya kopi ini lezat, aroma dari kopi pinogu bagus dan rasanya enak. tidak kalah dengan kopi yang ada di Belgia.” katanya.

Samuel pun menyarankan agar dibuat website tentang kopi Pinogu dan nanti akan dibantu diterjemahkan dalam bahasa Eropa. Hal ini pun mendapat apresiasi dari Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Kopi Pinogu tembus negara Belgia. Kopi organik Pinogu jadi minuman keluarga di Beligia. “Belgia adalah negeri yang tidak mudah dimasuki produk luar kecuali yang berkualitas, tentu ini menjadi hal yang luar biasa. ini harus diseriusi.” tegas Bupati Hamim Pou. (RG-46)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *