Mantap, Ekspor ‘Nike’ ke Tiga Negara

ilustrasi (Anwar/RG)

Perdana di Prancis, Kanada dan Singapura

RadarGorontalo.com – Sejak dulu banyak yang penasaran dengan ikan nike atau duwo dalam bahasa daerah. Pasalnnya ikan yang ukurannya lebih kecil dari ikan teri itu, hanya ada di perairan Gorontalo dan sekitarnya. Bagi Bupati Hamim Pou, rasa penasaran orang luar itu dianggap sebagai peluang.

Rencananya, Pemda Bone Bolango melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan mulai mengekspor ikan nike secara perdana ke tiga negara. Diantaranya, Singapura, Kanada dan Prancis. “sekarang sudah siap 45 ton ikan duwo atau nike yang sudah melalui tahap pembekuan serta kita kemas dan sudah siap untuk dikirim ke Kanada, Singapura dan Prancis.” ujar Bupati Hamim.

Nike adalah ikan khas Gorontalo yang pada faktanya berasal dari sungai Bone dan sungai Bolango yang ada di kabupaten Bone Bolango dan kemudian memecah di muara pelabuhan laut Kota Gorontalo. Karena ikan nike ini memberikan peluang besar di pasar dunia, maka Hamim mengaku pihaknya akan terus fokus mengumpulkan nike itu. “kami di Pemda Bone Bolango bermitra dengan swasta dalam mengumpulkan ikan nike ini. insya Allah secara rutin setiap bulan kita akan mengirimkan dan mengekspor ikan nike ke tiga negara tersebut.” tambahnya. Untuk harganya akan disesuaikan dengan harga pasar dunia.

Apalagi sekarang ini permintaan ekspor ikan nike ini lumayan bagus, terutama dari Prancis dan Kanada. “tentu ini peluang pasar yang baik.” tukasnya. Hamim pun berharap lewat ekspor ini, harga ikan nike ini bisa lebih baik, sehingga yang diuntungkan adalah masyarakat atau nelayan penangkap ikan nike. Selain ikan nike, Pemda Bone Bolango juga akan mengekspor secara perdana ikan bandeng. “rencananya hari Jumat depan ini, kita akan melakukan ekspor perdana ikan bandeng ke Prancis, Kanada, dan Singapura melalui Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Inengo, Desa Huangobotu kecamatan Kabila Bone.” tuturnya. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.