Mahasiswa KKNK Produksi Camilan Khas Molamahu

MAHASISWA KKNK tahun 2017 yang ditugaskan di desa Molamahu berinovasi program dengan memproduksi cemilan khas Molamahu.

RadarGorontalo.com – Mahasiswa KKN Kebangsaan (KKNK) tahun 2017 kembali berinovasi dengan memproduksi camilan kering Keripik Rela (Tore Olamita) dan Keripik Basreng Mololowo sebagai oleh-oleh khas Desa Molamahu.

Inovasi produk camilan ini masuk dalam program utama pelatihan ekonomi kreatif dari Mahasiswa KKNK di Desa Molamahu, kecamatan Bone, kabupaten Bone Bolango.

Mengingat mayoritas mata pencaharian masyarakat Molamahu adalah nelayan dan sebagian petani singkong yang hanya memanfaatkan umbinya.

Maka mahasiswa KKNK berinovasi mengolah ikan dan daun singkong tersebut menjadi produk makanan yang lebih inovatif namun bernilai ekonomis. “proses pembuatan Keripik Rela dan Keripik Basreng Mololowo ini melibatkan ibu-ibu PKK Desa Molamahu yang dikemas dalam kemasan sederhana namun elegan.” ungkap Dea Nadhila, mahasiswa KKNK dari Universitas Malikussaleh.  Dea pun berharap dengan usaha yang inovatif ini, maka ibu-ibu di desa Molamahu punya kegiatan produktif menciptakan usaha kecil masyarakat.

camilan kering Keripik Rela (Tore Olamita) dan Keripik Basreng Mololowo sebagai oleh-oleh khas Desa Molamahu.

Pada produk camilan ini, mahasiswa tidak hanya fokus pada pengolahan ikan dan daun singkong saja, akan tetapi menggunakan rica (cabai-red) yang merupakan salah satu komoditas pertanian di kabupaten Bone Bolango. “ini sangat luar biasa dan kami mengapresiasi penuh program Mahasiswa KKN Kebangsaan 2017 yang insya Allah program ini bisa membantu meningkatkan taraf hidup ataupun pendapatan masyarakat Molamahu.” ungkap Amir Lakoro, Kepala Desa Molamahu.

Melalui dukungan Dinas Pangan kabupaten Bone Bolango dan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ucok Hasian Rafiater, S.Pd.,M.Pd, maka diharapkan mampu memberikan semangat bagi masyarakat dan mahasiswa KKNK untuk terus menciptakan inovasi program di desa Molamahu.

Sementara itu, pada program KKNK tahun 2017 ini, ada 6 mahasiswa yang ditempatkan di desa Molamahu yakni Dea Nadhila dari Universitas Malikussaleh, Fadli dari Universitas Negeri Yogyakarta, Muhammad Syaiful Fadly dari Universitas Tadulako, Memory Hidayat dari Universitas Andalas, Darwin Mutiara, Melky Pakaya dan Safitri Djafar dari Universitas Negeri Gorontalo. (RG-46)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *