Mahasiswa KKNK Gali Potensi Pinogu

MAHASISWA KKNK penempatan di kecamatan Pinogu terus berinovasi dengan program-program berbasis kemasyarakatan

RadarGorontalo.com – Mahasiswa KKN Kebangsaan (KKNK) yang ditempatkan di kecamatan Pinogu terus menyimbukan diri dengan menggali potensi daerah. Seperti yang ditunjukan mahasiswa KKNK di desa Dataran hijau yang mengeksplorasi semua, mulai dari pertanian, perikanan, bimbingan belajar warga hingga pemeriksaan kesehatan gratis dan sosialisasi kesehatan.

Ada enam orang mahasiswa KKN Kebangsaan di desa Dataran hijau yakni Oni Nur Rasjiatmi dari Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Afrian Setiawan Azis dari Fakultas FISIP Unmus Merauke, Agung Anwar Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, Anisa Naziha dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret dan Maskun Albakir Fakultas Keperawatan UMG. Dari pantauan yang ada, seluruh peserta KKNK di desa Dataran Hijau memberikan sumbangsinya pada Desa.

Seperti jurusan kedokteran memberikan pemeriksaan gratis hingga penyuluhan kesehatan. Perikanan membangun kolam ikan dengan memaksimalkan lahan dan sumber air yang ada. Demikian pula dari jurusan administrasi membantu dalam pengelolaan administrasi desa. Anisa Naziha didampingi Sekretaris Desa Dataran Hijau Nurdin Maini menjelaskan kegiatan dan program di desa Dataran Hijau. Anisa mengatakan bahwa di desa Dataran Hijau kecamatan Pinogu memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Sehingganya mahasiswa KKNK melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya bimbingan belajar rutin setiap malam di Posko KKNK, memperbaiki administrasi desa, pembuatan pupuk organik dan pemeriksaan kesehatan.

Sekertaris Desa Nurdin Maini mengaku kehadiran KKN Kebangsaan di Desa Dataran Hijau memberikan angin segar bagi warga. Pasalnya, keenam mahasiswa KKNK selalu kompak dalam mengerjakan setiap kegiatan yang telah direncanakan. Seperti halnya dalam pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Anisa dari fakultas kedokteran UNS dibantu oleh rekan-rekanya. “begitupun halnya dengan mahasiswa dari fakultas perikanan yang membuat kolam untuk ikan air tawar, semua turut mebantu dalam mensukseskan program yang dierencanakan.” jelas Nurdin sembari menambahkan di Pinogu banyak potensi yang siap dikembangkan. Salah satu potensi yang bisa digali menurut penggiat pertanian ini adalah kelapa batu yang disebut-sebut menjadi tumbuhan khas dari Pinogu. (RG-46)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.