Mahasiswa KKNK Bentuk Kelompok Wanita Inspiratif

MAHASISWA KKNK membentuk kelompok wanita inspiratif yang ada di desa Bilolantunga.

RadarGorontalo.com – Desa Bilolantunga, kecamatan Bone kabupaten Bone Bolango memiliki sumber daya alam yang melimpah. Hanya saja, untuk mengelolah kekayan alam tersebut sangat membutuhkan wadah untuk memberdayakan masyarakat, khususnya kaum wanita. Untuk menjawab persoalan ini, maka salah satu program mahasiswa KKN Kebangsaan(KKNK) tahun 2017 yang ditempatkan di desa Bilolantunga adalah membentuk kelompok Wanita Inspiratif.

Wadah ini dibangun agar Wanita di desa ini bisa menuangkan ide serta gagasannya. “wadah ini adalah kelompok Wanita Inspiratif yang bergerak dalam bidang Home Industri atau industri rumahan dengan tujuan agar bisa mengembangkan produk gagasan Mahasiswa KKNK demi meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan meningkatkan perekonomian di desa Bilolantunga.” ujar Didi Supriadi, mahasiswa KKNK dari Universitas Malikussaleh. Didi menambahkan sebagai langkah awal untuk mengembangkan produk-produk olahan khas desa Bilolantunga, maka pihaknya memberikan pelatihan dasar pembuatan produk olahan kepada kelompok Wanita Inspiratif.

Sementara itu, Dodin Manara selaku sekretaris desa Bilolantunga berharap agar produk yang digagas oleh mahasiswa KKNK yakni Rica Kering Bilolantunga (rikbol) dan Goroho Penyet dapat membantu meningkatkan taraf hidup dan pendapatan Masyarakat Bilolantunga. “kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya mahasiswa KKNK bisa membantu dan memberikan inspiratif bagi masyarakat Bilolantunga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi melihat sumber daya alam yang melimpah seperti rica (cabai) dan pisang yang kemudian diolah secara inovatif sehingga menjadi produk industri rumahan yang bernilai Ekonomis yang tinggi.” ujarnya.

Adapun mahasiswa KKNK penempatan di Desa Bilolantunga sebanyak 7 orang yakni Didi Supriadi dari Universitas Malikussaleh, Ade Setiawan dari Universitas Negeri Jakarta, Isma Ulfia Aziz dari Universitas Hasanudin, Wahyuni dari ISBI Padang Panjang, M.Fajriansyah Ngabito, Novirnayanti IR Domut, Ervina Hassan dari Universitas Negeri Gorontalo. (RG-46)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *