Lurah Cantik dengan Segudang Prestasi

Nurhayati Abdullah, SST.

RadarGorontalo.com – Kalangan masyarakat mungkin sering mendengarkan banyak polwan cantik, yang menjadi idaman banyak pria. Selain polwan, ternyata ada juga sosok wanita cantik yang dinilai hebat, di balik Kantor Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Siapalagi kalau bukan Nurhayati Abdullah SST, Ibu dua anak yang sukses membawa pemerintahannya menduduki prestasi di tingkat Nasional.

Abink. Radar Gorontalo.

Berdiri sejajar dengan ribuan pejabat kelurahan dan meraih peringkat ke dua, di tingkat nasional dalam ajang lomba kelurahan di tahun 2017. Memang tidak mudah dilalui wanita yang kerap disapa Rina ini, selain dukungan pegawai dan masyarakatnya. Dibalik kesuksesannya itu tidak luput dari penerapan ilmu, yang ia dapat semasa duduk di bangku perkuliahan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) beberapa tahun silam. Bahkan, prestasinya itu menarik perhatian pemerintah dari daerah lain, untuk belajar dari kelurahan yang dipimpinnya itu. studi banding di Kantor Kelurahan Liluwo Rabu (18/04).

Salah satu terobosan lurah cantik ini adalah program pelayanan surat online dan peta tanah bersertifikat. Tak cuma mendapat respon positif di masyarakat, program ini pula yang menghantarkan Nurhayati beroleh pengakuan di tingkat nasional. Nuryahati sendiri, dikenal sebagai birokrat berprestasi. Dilantik menjadi Lurah sejak 2015, beberapa waktu kemudian, Nurhayati sudah menunjukkan tajinya. Yakni peringkat dua tingkat Kota Gorontalo, sebagai kelurahan berhasil melakukan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diatas Rp 100 juta. Dan behasil menerapkan program perilaku hidup bersih dan sehat, pada masyarakatnya. “Berpikir kritis itu, penting. Jika kita mampu memberikan kinerja baik, pasti kita bisa melahirkan pelayanan prima pada masyarakat. Dan jangan pernah berhenti untuk berinovasi,” ungkap Nuryahati.

Seiring berjalannya waktu kepemimpinannya di Kelurahan Liluwo, terus memberikan hasil dari berbagai aspek. Baik itu dari program kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan dan religi. Sampai pada akhirnya melahirkan program inovasi, yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan pada masyarakat. Yaitu, program pelayanan surat online dan peta tanah bersertifikat, tidak lain bagian dari visi Kelurahan Liluwo. “Secara umum memang masih banyak yang kurang dari pelayanan yang kami berikan. Melihat kondisi masyarakat yang sering disibukkan dengan pengurusan berbagai surat penting, memotivasi kami untuk terus bergerak. Inovasi yang kami lahirkan dan berikan untuk masyarakat ini, bagian dari visi kami untuk meminimalisir kekurangan yang ada. Dan ini akan terus ditingkatkan, sampai pada akhirnya paripurna,” jelas Nurhayati.

Sebagai seorang pemimpin perempuan, tentu Nurhayatai menghadapi banyak tantangan dalam pekerjaannya. Meski demikian wanita kelahiran 15 Desember 1986 ini, tetap menomorsatukan keluarga. Penghargaan menurutnya, bukanlah soal penggantugan medali dan tanda kehormatan. Tapi kinerja aparaturnya serta pelayanan pada masyarakat yang prima, termasuk memberikan kebahagian terhadap keluarga. “Ya, kadang-kadang kalau perempuan, muda, dan menjadi pucuk pimpinan banyak orang memandang sebelah mata. Tapi saya buktikan dengan kinerja tim solid. Saya memang nggak bisa kerja individual karena di kelurahan ini tim. Saya nggak bisa berjalan sendiri tanpa ada partisipasi masyarakat. Makannya saya ingin patahkan bahwa perempuan itu bisa dan harus maju, perempuan harus berkarya bukan berarti harus menyamai tapi harus bisa lebih,” terangnya memberi motivasi pada kaum perempuan.

Di balik sosok kepemimpinannya, ternyata Nurhayati Abdullah ini adalah seorang ibu yang energik. Meski sibuk dengan pekerjaan di kelurahan, bagi Nurhayati, keluarga tetap No.1 karena keluarga menurutnya sumber energi hingga membuatkan sukses dan bersinar seperti saat ini. (bink)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *