Rab. Jun 19th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Lubang Tikus Ala Caleg

2 min read
Haji Lala

Pertarungan untuk DPR RI benar benar sengit, ini soal gengsi. Kata orang Gorontalo, gengsi moo pate, maka suhu politik Gorontalo mulai terasa panas dan ini akan menjadi tontonan yang menarik, karena bukan saja soal adu dana, tetapi adu kecerdasan ,dan penguasaan medan tempur.

“Siapa cerdas dan menguasai medan tempur, dia berpeluang menang,” kata TOMAS. Satu hal lagi urusan Caleg DPR RI ini tak boleh mengandalkan partai, tak boleh mengandalkan orang lain.

“Kita harus tidur di desa desa. Ibarat perang, kita tau persis di mana musuh, sehingga peluru yang kita tembakkan jelas sasarannya, peluru yang banyak tidak ada gunanya kalau kita tak punya sasaran,” katanya lagi.

Mendengar itu , TOPO (tokoh politik) tak sependapat, menurut dia peluru paling penting. “pokoknya tutup mata jo serang doi selesai. Pemilih sekarang ini so lebe jaha,” kata TOPO. “benar, tapi inga, kalau dorang kenal siapa ngana, maka meski doi kecil tetap pilihan pa ngana,” kata TOMAS.

“Kita tak sependapat, ngana siram deng doi , pasti derang kenal pa ente,” kata TOPO.  Mendengar itu, TOMAS tertawa kecil. Justru itu bisa jadi bumerang. “Misalnya ngana siram 100 ribu, rakyat pasti curiga pa ngana pe orang , dorang tau yang ngana ada kase 200 ribu, pasti dorang tidak mo pili pa ngana,

Apalagi yang dorang terima cuma 50 ribu,” kata TOMAS. Belum lagi TOPO sempat menjawab, TOMAS sudah mendahului. Dulu Fadel waktu maju di DPR RI, dia jalan sendiri. Memang ada Tim sangat militan dan dia tak mengandalkan mesin partai, tetapi suaranya jauh lebih besar dari suara partai.

Sejarah mencatat sejak Gorontalo punya jatah kursi di DPR RI , persaingan sangat ketat dan panas. Bahkan satu partai saja saling membunuh apalagi dengan saingan dari partai lain. “ini pertarungan individu maka jadikan ini pertarungan mu,” katanya.

“Tapi kita lia rupa dingin dingin ini para Caleg. Apa dorang tidak ba gerak,” kata TOPO. “siapa bilang , justru sekarang ini lebih mengkhawatirkan, karena para caleg ini melancarkan serangan senyap, mereka membuat lubang lubang tikus,” kata TOMAS. ###

Share

Postingan Terkait

Tinggalkan Balasan