Lombongo Hot Spring

Salah satu kolam dari 3 kolam yang ada di wisata pemandian lombongo
Salah satu kolam dari 3 kolam yang ada di wisata pemandian Lombongo

RadarGorontalo.com – Objek wisata satu ini, sudah lama dikenal warga. Tempat pemandian Lombongo namanya. Terletak di Desa Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango. Sejak dilanda banjir bandang, hingga merusak sebagian besar fasilitas di dalamnya, kini Lombongo Hot Spring, bertransformasi menjadi kawasan wisata unggulan, dengan wajah barunya.

Umur objek wisata umum satu ini, memang lebih tua dibanding tempat wisata lainnya. Lombongo diresmikan, tahun 1989 kala itu, Gorontalo masih menjadi bagian Provinsi Sulawesi Utara. Tempat pemandian yang selalu padat kunjungan di akhir pekan itu, memiliki tiga kolam renang. Satu berisi air panas lain berisi air dingin. Satunya lagi, untuk kolam anak-anak.

Pemandian air panas lombongo cukup unik. Dari sela-sela bebatuan, keluar air panas yang bisa digunakan untuk merebus telur, dan dipercaya menjadi obat untuk segala penyakit kulit. Potensi energi panas bumi yang tersedia pun, disebut-sebut menjadi incaran investor yang ingin membangun pembangkit listrik. Kalau beruntung, pengunjung yang datang bisa menikmati berbagai pagelaran kesenian yang ditampilkan oleh sejumlah iven organizer.

Salah satu air terjun yang ada di wisata lombongo
Salah satu air terjun yang ada di wisata Lombongo

Tak jauh lokasinya dari pusat kota. Pengunjung bisa mencapainya dengan menggunakan mobil, motor bahkan bentor. Tempat pemandian Lombongo sendiri, berbatasan langsung dengan taman nasional Bogani Nani Wartabone (TN BNW). Di tempat ini, pengunjung tak cuma bisa menikmati mandi di kolam, namun juga bisa berendam di sungai. Bagi yang suka berpetualang, bisa masuk lebih dalam lagi, dan menikmati air terjun yang konon jumlahnya ada tiga. Tapi, bagi yang ingin masuk, harus didampingi mereka yang ahli, agar tak tersesat. Intinya, Lombongo bisa masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi di akhir pekan. (RG)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *