Listrik Padam lagi

ilus (Anwar/GR)
ilus (Anwar/GR)

RadarGorontalo.com РPLN Gorontalo kembali buat kebijakan pemadaman bergilir. Tak tanggung-tanggung, lamanya sampai 10 hari terhitung, sejak Sabtu (20/08). Artinya masih ada 7 hari lagi. PLN beralasan, pemadaman dilakukan karena  penambahan kapasitas atau uprating gardu induk (GI) di Botupingge. Warga pun mulai protes, dan menganggap pemadaman dilakukan tanpa ada pemberitahuan terlebih dulu.

Menanggapi itu, Manajer PLN Gorontalo Putu Eka Astawa hanya bisa minta maaf. Dirinya menjelaskan, uprating alias penambahan kapasitas dilakukan untuk meningkatkan kemampuan PLN dalam mensuplai listrik, pasca hadirnya PLTG 100 Mega Watt di Kecamatan Paguat. Peningkatan kapasitas itu juga, untuk mengantisipasi pertumbuhan beban listrik baik bisnis, industri untuk beberapa tahun kedepan yang dipredikis bakal melejit. “Dampak positif lainnya dari bertambahnya kapasitas Trafo di GI Botupingge akan mengurangi kebutuhan pembangkit PLTD di Telaga,” ungkapnya.

Ditanyakan apakah pemadaman ada kaitannya dengan kebakaran di PLTU Molotabu? Putu justru mengaku tak tahu ada kebakaran itu. ,”Saya tdk tahu dan tdk ada info ttg kebakaran di PLTU Molotabu utk kami.Pemadaman ini murni,dikarenakan ada pekerjaan Uprating (penambahan kapasitas) trafo 150/20 kv di GI Botupingge dari 30 MVA ke 60 MVA,” jawabnya singkat. (rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.