Lindungi Kios Kecil, Pohuwato Tolak Alfa & Indo

Syarif Mbuinga

RadarGorontalo.com – Disaat kepala daerah lain menerima Alfamart dan Indomaret masuk ke daerahnya, Syarif Mbuinga justru menolaknya. Bupati Pohuwato 2 periode itu punya alasan yang kuat mengapa sampai dengan saat ini dua perusahaan jaringan ritel raksasa itu belum juga bisa tembus Pohuwato.

Sebetulnya dari beberapa tahun lalu sudah ada yang menawarkan ke Syarif untuk menerima kehadiran Alfamart dan Indomaret dengan alasan agar Pohuwato kelihatan seperti kota. Tetapi, Syarif telah menyatakan dengan tegas menolak Alfamart dan Indomaret masuk ke Pohuwato. “Biarlah Pohuwato kita dicap desa tetapi saya tetap menolak Alfamart dan Indomaret,” tegas Bupati Syarif di hadapan rakyatnya saat kegiatan Gema Panua Selasa kemarin.

Syarif menolak bukan tanpa punya alasan. Yang ada di benak Syarif adalah pemilik kios yang notabenenya adalah rakyat kecil yang kesejahteraannya terus dipikirkan oleh pemerintah. Bahkan beberapa hari lalu kata Syarif, sudah ada warga yang dibujuk dan dirayu oleh mereka, dibebaskan lahannya dan akan diberikan insentif. “Tapi yang saya pikir disekitarnya, diradius itu ada kurang lebih 20 sampai 30 kios,” ungkap Syarif.

Andaikan toko Alfamart dan Indomaret telah berdiri dan disekitar toko itu ada 30 kios, maka bisa saja 30 kios itu langsung gulung tikar karena kalah bersaing dengan dua minimarket itu. Padahal, 1 kios itu menanggung beban hidup 1 rumah tangga dan 1 rumah tangga ada 3 sampai 5 jiwa. “30 kios kali empat saja berarti ada 120 jiwa yang menjadi tanggungan kios. Ketika toko itu datang, maka 30 kios itu tutup seketika. Dan yang mereka pekerjakan hanya ada 10 orang. 120 orang berbanding 10 orang yang dipekerjakan. Saya tetap berpendirian menolak hadirnya mereka masuk di Pohuwato,” tegas Syarif. (RG-58)

Share

Comments

comments

One thought on “Lindungi Kios Kecil, Pohuwato Tolak Alfa & Indo

  • 7 March 2018 at 19:08
    Permalink

    Tdk salah memilih syarif mbuinga… Amanah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *