Lestarikan Bahasa Bone dan Bulango

RadarGorontalo.com – Untuk yang kesekian kalinya penggunaan bahasa bone atau bonda dan bulango diminta oleh DPRD agar terus diperhatikan. Pasalnya di provinsi Gorontalo, Bone Bolango merupakan daerah yang istimewa karena punya dua bahasa yang sering digunakan oleh orang tua dahulu.

Namun tak bisa dipungkiri jika saat ini banyak generasi penerus yang sudah tidak tahu bahasa bone dan bulango ini. Entah karena zaman modernisasi atau karena malu. Tetapi yang pastinya ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk melestarikannya. Menurut Aleg PKS Yusuf Kune, bahasa bone dan bulango ini harus dituangkan dalam pelajaran umum disekolah dasar dan harus dilandasi dengan regulasi hukum agar bahasa ini tidak akan hilang ditelan waktu.

Diakhir pernyataannya Yusuf menaruh harapan kepada Pemerintah Daerah dan semua SKPD terkait seperti Dinas Pendidikan agar aspirasi ini dapat ditindaklanjuti karena ini menyangkut budaya kita di Bone Bolango selaku daerah yang dikenal dengan budaya dan adat istiadat yang kuat”, jelasnya. (RG-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *