Lebih Murah di Toko Lokal

RadarGorontalo.com – Anggapan, bahwa pengusaha lokal Gorontalo bakal gulung tikar, akibat serbuan raksasa ritel, tak sepenuhnya benar. Buktinya, mereka (pengusaha lokal,red) masih berdiri kokoh. Lihat saja Karsa Utama dan Makro Apa pasal? rupanya, walaupun raksasa ritel ternama itu, desain tempatnya lebih modern dan nyaman, tapi bicara harga, ritel lokal bisa lebih murah.

Memang, pada tahun pertama masuknya usaha ritel raksasa, sempat membuat pengunjung di toko-toko lokal berkurang. Maklum, masyarakat masih penasaran, dan merasa hebat kalau berbelanja di tempat-tempat baru. Selain nama besar, supermarket baru itu, menawarkan diskon gila-gilaan di awal kemunculannya. Tapi belakangan, masyarakat akhirnya sadar.

Bicara harga, sebenarnya karsa utama, makro dan toko-toko lokal lainnya, juga bisa murah. Bahkan, jauh lebih murah dari supermarket atau minimarket yang nama belakangnya pake sebutan mart. Soal kebutuhan sehari-hari, warung tetangga juga kurang lebih sama harganya. Kalau cuma diskon, toko lokal juga sering diskon. Bicara banting harga di momen tertentu, seperti lebaran atau tahun baru, toko lokal harganya jauh miring. barang dagangan pun, berkualitas. Kan barang yang dijual juga sama.

Berbeda dengan ritel-ritel besar, toko lokal memberikan sumbangsih jauh lebih besar ke daerah, diluar sharing, seperti pajak daerah dan lain-lain. Itu karena, pemiliknya orang lokal. Jadi, hasil keuntungan jualan, kembali di putar di daerah tempat mereka tinggal. Jadi sekarang, orang yang datang belanja ke toko-toko modern, lebih karena biar dianggap kekinian. Tapi untuk memenuhi kebutuhan hari-hari, ataupun beli pakaian, masyarakat Gorontalo masih memilih toko lokal. Mereka beralih ke toko modern, kecuali barang yang dicari tak ada. (rg-34)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.