Lebaran Dengan Uang Baru, BI Siapkan Rp. 14,2 M Untuk Penukaran

Kepala BI Perwakilan Gorontalo Suryono (baju hijau) didampingi Deputi BI Akhmad Kosasih, serta sejumlah pimpinan 7 lembaga perbankan, dalam konfrensi pers kegiatan penukaran uang rupiah pecahan kecil, Rabu (14/6).

RadarGorontalo.com – Tak cuma baju baru, tahun ini umat Islam khususnya di Gorontalo, juga akan berlebaran dengan uang emisi baru. Sedikitnya, ada Rp. 14,2 miliar uang emisi baru pecahan kecil yang disiapkan Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, dalam iven penukaran uang yang akan digeber selama empat hari, dimulai 19 Juni hingga 22 Juni.

Didampingi 7 pimpinan perbankan, Kepala BI Perwakilan Gorontalo Suryono dalam rilis resminya, Rabu (14/6) menjelaskan, tahun ini uang yang disediakan dalam iven penukaran uang mengalami kenaikan sekitar 77,5 persen dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp. 8 miliar. Tahun ini yang disediakan sebanyak 14,2 miliar atau naik 6,2 miliar.

Nah, nanti dalam penukaran uang, BI akan dibantu sedikitnya 7 lembaga perbankan. Yakni, BRI, BNI, Mandiri, Bank Sulutgo, Danamon, Muamalat dan Bank Syariah Mandiri. Ada 700 kupon penukaran yang disiapkan untuk 4 hari. Per orang, hanya bisa menukar maksimal Rp. 4 juta, dengan rincian Rp 20.000 sebesar Rp 2 Juta, pecahan Rp 10.000 sebesar Rp 1 Juta, pecahan Rp 5.000 sebesar Rp 500 Ribu, pecahan Rp 2.000 sebesar Rp 400 Ribu dan pecahan Rp 1.000 sebesar Rp 100 Ribu (lihat iklan halaman 9). “kami pastikan tidak ada pungutan,” tegasnya, sembari menambahkan jatah penukaran uang untuk Kota Gorontalo, 11,2 Miliar.

Masih penjelasan Suryono, khusus di Kota Gorontalo. Penukaran uang akan dilakukan di dua titik berbeda. Untuk tanggal 19 hingga 20 Juni, berlokasi di halaman kantor Walikota Gorontalo. Sedangkan, 21-22 Juni, penukaran berlangsung di halaman rumah dinas gubernur Provinsi Gorontalo. Penukaran uang juga, bisa dilakukan di bank masing-masing.

Tak cuma di Kota Gorontalo, penukaran uang juga dilakukan di Kabupaten Pohuwato. Kebetulan disana, sudah ada kas titipan. Bedanya, nilai yang disiapkan hanya Rp. 3 miliar. Orang yang ingin menukarkan uangnya pun dibatasi hanya Rp. 3,8 juta per orang.

Menambah penjelasan Deputi BI Gorontalo, Akhmad Kosasih mengingatkan, agar oknum tak bertanggung jawab, agar jangan coba-coba menyelipkan uang palsu dalam penukaran ini. Karena, masing-masing bank akan dilengkapi dengan alat deteksi seperti lampu ultraviolet. Disisi lain, Kosasih juga kembali menegaskan, dalam penukaran uang nanti, mereka yang akan dilayani hanyalah yang memegang kupon. (rg-34)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *