Layanan Kas Keliling, Mudahkan Penukaran Uang

Kepala KPw BI Gorontalo Ricky Gozali bersama Sekda Kota Ismail Madjid, pada iven peluncuran mobil kas keliling, Rabu (5/9) kemarin

RadarGorontalo.com – Antusiasme masyarakat terlihat saat melakukan penukaran uang, di mobil layanan kas keliling yang dilucurkan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo, Rabu (5/9) kemarin, di Pasar Sentral Kota Gorontalo.
Kegiatan ini merupakan upaya Bank Indonesia, memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil khususnya di Gorontalo, kata Kepala KPw BI Ricky Gozali yang dalam kesempatan itu memastikan, layanan dari pihaknya itu tidak berbayar alias gratis.

“Kita harapkan dengan kas keliling dan kas titipan, aktivitas ekonomi masyarakat berjalan lancar, dan kebutuhan uang dalam kondisi layak edar,” uajrnya.┬áSekda Kota Gorontalo Ismail Madjid yang hadir dalam kesempatan itu menuturkan, layanan kas keliling oleh BI ini sangatlah positif. Karena dapat membantu masyarakat, khususnya pedagang dan pelaku usaha lainnya, dalam pemenuhan uang dalam pecahan kecil khususnya.
Sementara itu, dalam rilisnya BI Gorontalo menjelaskan, layanan kas keliling itu nantinya menyasar pusat-pusat keramaian masyarakat, seperti pasar, pusat pertokoan, serta perkantoran di kabupaten/kota Provinsi Gorontalo.

Tak cuma melayani penukaran uang, BI juga akan mensosialisasikan ciriciri keaslian uang rupiah dan edukasi jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, jangan dibasahi dan jangan dilipat). Upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap ciri-ciri keaslian uang rupiah dan juga perlakuan kepada uang rupiah bertujuan menjaga kualitas dan kondisi uang rupiah yang beredar di masyarakat.

Kegiatan Kas Keliling tersebut juga merupakan bentuk pelaksanaan Undang-Undang No.7 tahun 2011 tentang Mata Uang, dimana Bank Indonesia menyelenggarakan pelayanan perkasan di setiap satuan kerja berupa penerimaan setoran dan penarikan uang oleh bank-bank umum, serta pelayanan penukaran uang kepada masyarakat dan perbankan. Pada dasarnya masyarakat dapat melakukan penukaran uang di seluruh bank umum dan juga di Bank Indonesia.

Namun, khusus layanan penukaran di Kantor Bank Indonesia diperuntukkan kepada masyarakat umum yang akan menukarkan uang tidak layak edar (lusuh, cacat dan rusak) dengan uang yang masih layak edar dalam pecahan yang sama atau pecahan lain, serta penukaran uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran yang masih berlaku masa penukarannya.

Layanan penukaran uang di Kantor Bank Indonesia Provinsi Gorontalo dilakukan setiap hari kerja dimulai dari pukul 09.00 WITA sampai pukul 11.30 WITA, khusus untuk hari Jumat pelayanan akan berakhir di pukul 11.00 WITA. Sedangkan untuk layanan penukaran uang pecahan kecil dilakukan Bank Indonesia melalui kegiatan Kas Keliling yang dilakukan secara periodik di pusat keramaian di Provinsi Gorontalo. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.