Lagi, Banjir Landa Kecamatan Bulango Utara

kondisi banjir yang melanda Kecamatan Bulango Utara

RadarGorontalo.com – Disetiap musim penghujan tiba, 5 Desa yang ada di Kecamatan Bulango Utara masing-masing Desa Boidu, Tupa, Tuloa, Kopi dan Dulamayo menjadi langganan banjir akibat luapan sungai Bulango.

” Memang posisi lima desa ini tak jauh dari sungai Bulango, jadi setiap hujan turun dihulu maka pasti 5 desa ini kena banjir ” kata Upik Ibrahim salah satu warga Desa Boidu yang rumahnya terkena banjir bandang Selasa (29/5). Lebih lanjut dirinya mengatakan untuk tahun 2018 saja ini sudah 6 kali banjir dan khususnya pada bulan Ramadhan 1439 H dua kali terjadi. ” Kami berharap perhatian pemerintah untuk membuat tanggul agar banjir tidak sampai ke rumah warga.” kata Upik.

Banjir Bandang melanda 5 Desa Menurut Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD ) Garin Hunawa mengatakan terjadi sejak 13.00 wita, dimana hujan intens turun merendam puluhan rumah di lima Desa Desa Boidu, Tupa, Tuloa, Kopi dan Dulamayo dengan ketingkian 50 CM . ” Tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang ini. BPBD dan Tagana telah disiagakan ketika ada Banjir susulan tiba ” kata Garin Hunawa. Hingga pukul 19.00 wita air mulai surut. Warga dibantu Tagana melakukan pembersihan rumah yang terkenal lumpur akibat luapan air yang menghantam rumah warga. (rg-60/tr-10)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *