Kualitas air dan udara Pohuwato Mulai Dipantau

 Proses pemanatauan kualitas air dan udara yang dilaksanakan di nhalaman Kantor Bupati Pohuwato oleh WLM Manado. (F. Iwan/humas)
Proses pemanatauan kualitas air dan udara yang dilaksanakan di nhalaman Kantor Bupati Pohuwato oleh WLM Manado. (F. Iwan/humas)

MARISA (RADAR) – BadanLingkungan Hidup (BLH) Pohuwato kerjasama dengan Water Laboratorium Nusantara (WLM) Manado melakukan Pemantauan di Lima titik di Pohuwato salah satunya di Kantor Bupati Pohuwato yang disaksikan Assisten I Tajuddin Pata didampingi Kepala Bidang Pemulihan Kerusakan dan Penegakan Hukum Lingkungan Aruji Moputy dan Kasubag Dokumentasi, Peliputan, Pemberitaan dan Sandi Telkom Usman Bay dan Rojer dari pihak WLM Manado.

Aruji Moputy menjelaskan, salah satu tujuan dari pemantauan kualitas air dan udara supaya bisa diketahui tingkat kualitas udara di Kabupaten Pohuwato atau bako mutu udara di Pohuwato apa tercemar atau tidak, dan untuk udara demikian pula sudah tercemar atau belum. Seperti air biasanya tercemar akibat mercury, sedimentasi air sungai dan untuk udara apa pengaruhnya dari kenderaan atau limbah dari pabrik. “hasil dari pemantauan ini akan di uji di Laboratorium di Manado dan setelah itu akan diberi tahu hasilnya”jelas Aruji. Lalu apa tindakan selanjutnya apabila hasilnya tercemar? Kabid Pemulihan Kerusakan dan Penegakan Hukum Lingkungan menambahkan, akan ada tindakan dan tindaklanjut dari hasil temuan yang dilakukan oleh WLM.

Lima titik yang menjadi pemantauan untuk udara yakni Kantor Bupati, Trafigh Light atau lampu merah Blok Plan, Terminal, Pertokoan dan Pertamina, sementara untuk air Sungai Dengilo, Sungai Marisa dan Sungai Balayo.

Assisten I Tajuddin Pata sangat berharap agar pemantauan kualitas air dan udara ini dapat berlangsung dengan baik dan sampai selesai pada titik yang sudah ditentukan. Demikian juga hasil dari pemantauan diharapkan dapat segera mungkin diinformasikan sehingga bisa diketahui hasilnya seperti apa keadaan dari air dan udara di Pohuwato. (RG-55)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.