KPU Kota Antisipasi Penggelembungan Suara

ilustrasi (Anwart/RG)

RadarGorontalo.com – KPU Kota Gorontalo, tidak mau kecolongan apalagi dituding melakukan penggelembungan suara. Tak cuma menempatkan penjagaan ekstra ketat di logistik berupa surat suara, desain surat suara untuk tahapan pencoblosan pun dibedakan dengan fisik surat suara cadangan.

Kewaspadaan yang dilakukan KPU Kota Gorontalo terlihat dari pencetakan kertas suara, hingga proses pengiriman surat suara berjumlah 132.556 lembar itu, ke Kantor KPU Kota Gorontalo Minggu (20/05). Dalam menyiapkan logistik Pilwako itu, KPU Kota Gorontalo sudah mendesain sedemikian rupa.

Fisik surat suara saja, yang diperuntukkan pada tahapan pencoblosan memiliki penampilan berbeda, dengan surat suara yang bersifat cadangan. Hal itu kata Idam Mantali, salah satu anggota KPU Kota Gorontalo untuk menjaga terjadinya kesalahan atau pelanggaran dalam tahapan. “Tampilan khusus untuk surat suara cadangan memiliki kode tertentu, tak hanya memberikan perbedaan atas surat suara yang siap digunakan, atau tidak. Namun, dipersiapakan menjaga terjadinya kesalahan,” terang Idam.

Keterlibatan anggota kepolisian dalam pengamanan dan pengawasan, Idam ungkapkan telah dipersiapkan pihak Bawaslu Kota Gorontalo dan KPU Kota Gorontalo. Secara rinci, total surat suara yang dipersiapkan sebanyak 132.556 ribu lembar, merupakan akumulasi dari 127.280 sesuai DPT/TPS, ditambah 2,5 persen per TPS. “Total surat suara untuk mengantisipasi terjadinya Pemungutan Suara Ulang (PSU), ada 2000 surat suara,” jelas Idam.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.