KPU Keluhkan Soal Akurasi DP4

Didampingi Wakil Gubernur, Sekdaprov, Walikota Gorontalo, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, melakukan pemukulan gong tanda dimulainya Rakornas Ducapil 2017.(foto_rdr)

Prof. Zudan Perintahkan Dinas Dukcapil Rapikan Data Kependudukan

RadarGorontalo.com – Tentang akurasi daftar penduduk pemilih potensial pemilihan (DP4), kerap dikeluhkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari daftar ini, ternyata masih ditemukan ada warga yang sudah meninggal, tetapi masih ada dalam database, ada juga pemilih ganda.

“KPU kerap mengeluhkan soal DP4 ini. Orang yang sudah meninggal masih masuk dalam DP4. Sehingganya daerah yang melaksanakan Pilkada, harus melakukan pemutakhiran,” sentil Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, pada pembukaan Rakornas Dukcapil 2017 yang digelar Kamis (19/05) malam.

2018 mendatang, ada 171 daerah yang akan melangsungkan Pilkada. Sehingganya dia meminta kepada Dinas Dukcapil untuk memperbaiki dan meng-update data kependudukan. “Dari 171 daerah yang akan menggelar Pilkada, 17 diantaranya adalah pemilihan Gubernur. Sisanya pemilihan Walikota dan Bupati. Kita harus merapikan data kependudukan kita,” katanya.

Menurutnya, ini adalah pekerjaan besar, karena masih harus menyelesaikan perekaman data yang saat ini tinggal beberapa persen saja. “Perekaman data yang akan kita lakukan, tinggal 2,84 persen. Karena sampai dengan 2017 ini, kita sudah menuntaskan perekaman data 97,2 persen,” kata Prof. Zudan.

Terkait pencapaian 97,2 persen perekaman data yang dilakukan Dukcapil, atas nama Kemendagri, Prof. Zudan menyampaikan terima kasih. “Di tengah gelombang besar yang menerpa, kita ternyata masih bisa terus bekerja dan tidak patah semangat untuk menyelesaikan ini. Ini dibuktikan dengan pencapaian perekaman data yang saat ini sudah pada posisi 97,2 persen,” kata Prof. Zudan.(rg-40)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.