Rab. Jun 19th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Kongres KNPI Putaran Kedua di Bogor Ilegal, Ini Penjelasan Eks Presidum Sidang

2 min read
Dedi Muslim

RadarGorontalo.com – Aksi penolakan agenda pemilihan putaran ke II Ketua Umum DPP KNPI 2018-2021 yang berlangsung di The Forest Resort Hotel Bogor saat ini terus mendapat penolakan.

Bahkan eks presidum sidang Dedi Muslim bersama beberapa eks pimpinan sidang lainnya menegaskan bahwa seluruh prosesi Kongres KNPI XV yang digelar 18-22 Desember 2018 di Bogor telah dilaksanakan dengan sempurna dan sesuai konstitusi yang ada.

Sidang kongres telah menetapkan Haris Pertama sebagai Ketua Umum KNPI periode 2018-2021, ungkap Dedi. Dedi yang juga ketua GPI Provinsi Gorontalo menyampaikan adanya undangan untuk melaksanakan kongres lanjutan adalah ilegal karena tidak didasarkan dengan konstitusi yang ada.

Olehnya itu saya mengimbau kepada seluruh OKP tingkat nasional serta DPD KNPI seluruh Indonesia yang menjadi peserta di Kongres KNPI XV Bogor untuk menolak adanya kongres lanjutan.

Dia berharap seluruh komponen pemuda bersatu dalam bingkai kepemudaan yang taat konstitusi. Jika ada pihak yang mendorong adanya kongres lanjutan beralasan bahwa sesuai tata tertib, belum ada calon ketua umum yang memperoleh suara 50% plus satu suara dalam Kongres KNPI XV pada 18-22 Desember 2018 lalu.

Karena itu, perlu digelar pemilihan putaran kedua. Saya menilain alasan itu tidak substansial. Sebab, hasil Kongres KNPI di Bogor akhir tahun lalu merupakan keputusan final.

Proses perhitungan suara kongres KNPI di Bogor akhir tahun lalu yang menghasilkan ketua terpilih Haris Pertama

Dalam kongres tersebut Haris Pertama terpilih sebagai Ketua Umum DPP KNPI 2018-2021. “Saya ingat kronologis pemilihan Ketua Umum KNPI, salah satu calon ketua umum menyatakan mundur sebelum pemilihan, sehingga tersisa dua kandidat yang bertarung.

Bagi kami dengan bertarungnya kedua kandidat tersebut ya ibarat putaran akhir, sehingga tidak ada istilah pemilihan putaran pertama.

Jadi lucu dong kualitas kongres KNPI dengan dua kandidat tapi pemilihannya diselenggarakan dua putaran,” kata Dedi sembari menegaskan saat itu para peserta kongres menginginkan pemilihan satu putaran.

Hal itu karena masing-masing pendukung merasa percaya diri jika kandidatnya yang akan memenangkan pertarungan. Dan kami selaku pimpinan sidang menyimpulkan bahwa dengan ditetapkannya Ketua Umum DPP KNPI terpilih Haris Pertama dan ditutupnya Kongres KNPI ke XV oleh pimpinan sidang.

Artinya Kongres KNPI XV telah selesai dengan keputusan yang telah ditetapkan bersama. Sekedar diketahui ex pimpinan sidang yang menolak pemilihan lanjutan ketua KNPI yakni Gunung Hutapea (MPI), Ivanhoe Semen (Garda Nasdem) dan Dedi Muslim (DPD I Gorontalo).

Mereka bertiga mengeluarkan pernyataan dalam rangka menyikapi beredarnya surat undangan Kongres XV Pemuda/KNPI lanjutan dengan mengatasnamakan presidium sidang kongres XV Pemuda/KNPI dengan surat bertanggal 3 Januari 2019. (try)

Share

Tinggalkan Balasan