Kodim Gorut Mendesak Dibentuk

Wabup Drs. Hi. Roni Imran bersama KASAD Jenderal TNI Mulyono pada peresmian KODAM XIII MERDEKA di Manado, Sulawesi Utara.

RadarGorontalo.com – Wakil Bupati Drs.Hi.Roni Imran mengatakan, jika pembentukan KODIM Gorontalo Utara, penting untuk segera direalisasikan. Hal itu ia nyatakan pada pertemuannya dengan KASAD Jenderal TNI Mulyono, di Manado Provinsi Sulawesi Utara, pasca diresmikannya KODAM XIII/MERDEKA yang meliputi wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Wabup yang populer dengan sapaan HR ini mengatakan, jika keberadaan KODIM Gorontalo Utara diyakini akan mengoptimalkan eksistensi komando kewilayahan yang sangat dibutuhkan khususnya di kabupaten ini. Apalagi secara geografis, Gorut merupakan daerah terbuka baik di laut, darat maupun udara. Makanya, selain Polres Gorontalo Utara, keberadaan KODIM sangat penting dibentuk di daerah ini untuk memperkuat keamanan wilayah teritorial yang menjadi pintu masuk di Provinsi Gorontalo di bagian timur dan barat.

Serta merupakan jalur perlintasan trans Sulawesi dan jalur perdagangan didukung keberadaan pelabuhan ekspor-impor Anggrek dan pelabuhan perikanan Kwandang dan Gentuma. “Pemkab berharap, percepatan pembentukan KODIM Gorut terealisasi, mengingat pemerintah daerah sangat siap menghibahkan lahan pembangunan markas KODIM di daerah ini,” ujarnya. Kondisi pertahanan yang optimal meliputi berbagai aspek kata Wabup, akan berimbas pada ketahanan wilayah dengan kondisi yang baik apalagi Gorut dikenal sebagai daerah paling aman di Provinsi Gorontalo.

Makanya, sinergitas yang baik antara TNI, Polri serta pemerintah daerah diharapkan terus terjalin dengan baik mengingat pembangunan yang sukses, kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat dipastikan akan terwujud karena kondisi daerah yang aman, tentram dan sinergitas serta kemitraan yang terjalin baik dengan seluruh elemen maupun pemangku kepentingan di daerah ini. (rg-51)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *