Kisah Sukses 5 Pengusaha Gorontalo di Panggung Politik

Rusli Habibie – Ahmad Pakaya (Alm) – Saleh Hemeto – Zainudin Hasan

RadarGorontalo.com – Kisah 5 para pengusaha di panggung politik. Pertama, Ahmad Pakaya (Almarhum). Selain dia sukses sebagai salah satu politisi besar Gorontalo yang pernah jadi Aleg DPR RI dan juga Bupati Gorontalo, Achmad Pakaya juga sukses membawa orang-orang dekatnya ke puncak karir, salah satunya David Bobihoe yang bisa jadi Bupati dua periode, kemudian Gusnar Ismail Wagub 2 periode dan Gubernur, kemudian Rustam Akili, serta Budianto Napu yang kini Aleg Deprov.

Setelah Ahmad Pakaya, ada Fadel Muhammad. Dia Gubernur pertama Gorontalo, dia juga sukses jadi Aleg DPR RI, dan mampu menjadikan istrinya Aleg DPD RI. Fadel juga mendorong istrinya ke Pilgub, tetapi belum berhasil menang. Lalu muncul Syamsur Junus, tokoh yang satu ini tak pernah tertarik jadi kepala daerah atau Aleg, padahal dia punya nama besar. Syamsur Junus benar-benar profesional sebagas pengusaha. Namun begitu, dia berhasil mendorong putra – putrinya ke panggung politik.

Tonny Junus pernah jadi Aleg Deprov, pernah jadi Wabup, Feriyanto Mayulu pernah jadi Wawali dan juga Aleg Deprov, Hamim Pou Bupati, kemudian Lola Junus Wakil Ketua Deprov, dan Loli Junus Aleg Deprov. Sementara Saleh Hemeto juga begitu, dia sama dengan Syamsur Junus. Tidak pernah tertarik duduk di DPR atau kepala daerah. Padahal mudah bagi dia. Sebab selain punya dana, Saleh Hemeto juga punya nama besar, meski begitu, pria yang akrab disapa Om Deka itu berhasil mendorong istrinya menjadi Aleg sebanyak 5 priode, mulai dari Dekab sampai Deprov.

Om Deka juga berhasil menjadikan putrinya sebagai Anggota DPD RI. Salah seorang putranya juga pernah bertarung di Pilkada namun gagal, tetapi ke depan, pengusaha yang satu ini pasti bisa meloloskan putranya di Pilkada. Sementara Rusli Habibie, sukses menjadi Bupati dan juga sukses menjadi Gubernur. Rusli juga sukses mendorong iparnya ke Pileg dan terpilih sekaligus jadi Ketua Dewan.

Pada Pilkada 2018 ada tanda – tanda kalau Rusli akan mendorong Iparnya ke Pilwako. Dan yang terakhir Zainudin Hasan, dia dua kali jadi bupati di dua provinsi, putranya bisa jadi Aleg Dekot 2 periode, dan putra lainnya kini jadi Wabup. Zainudin sepertinya ingin menyaingi rekor Syamsur Junus, yang sukses menempatkan satu putranya di kursi Bupati dan dua Wakil Kepala Daerah serta 2 Aleg. Sedangkan Zainudin baru 1 Wakil Kepala Daerah dan satu Aleg. (rg-28)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *