Sen. Mei 20th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Kebutuhan Pupuk Masih Minim

1 min read

RadarGorontalo.com – Kebutuhan pupuk bagi kalangan petani di provinsi Gorontalo, untuk tahun 2016 ini, masih jauh dari harapan. Hal itu setidaknya, yang terakomodir dalam pemantauan dan laporan masyarakat yang masuk di jajaran Komisi II Deprov Gorontalo, yang menangani bidang Ekonomi dan Keuangan. Dimana, terinformasi, untuk kebutuhan pupuk yang total diharapkan pada tahun 2016 ini, sebanyak 22 ribu. Namun yang teralokasi hanya 19 ribu saja.

Olehnya, anggota Komisi II Deprov, Manaf Abidin Hamzah, mengharapkan hal ini, sesegera mungkin dibenahi, dan menjadi perhatian eksekutif Pemprov, di dinas teknis terkait. Agar tidak terjadi lagi di tahun anggaran 2017 mendatang.

Pasalnya, menurut Manaf, kebutuhan pupuk yang hanya 19 ribu itu, hanya mampu mengakomodir kebutuhan petani, untuk satu kali musim tanam saja. “Sementara, dalam setahun, ada 2 kali musim tanam. Tidak heran, hal ini menjadi pemicu kelangkaan pupuk. Dimana, para petani, masih melakoni musim tanam yang keduanya, saat ini.

Olehnya, instansi dari dinas teknis terkait, seperti dari Dinas Pertanian, kami harap untuk dapat mengantisipasinya bersama. Dengan target dan harapan, jangan ada kalangan petani di musim tanam keduanya ini, yang mengeluh gagal panen, dikarenakan keterbatasan pupuk tersebut,” harap politisi PKS ini. (ay1/rg)

Share

Tinggalkan Balasan