Kas Daerah Online, Wujud Transparansi Pengelolaan Keuangan

Foto bersama Walikota Gorontalo Marten A Taha bersama mitra kerja Pemerintah Kota Gorontalo, pada kegiatan lounching sistem Kasda online.
Foto bersama Walikota Gorontalo Marten A Taha bersama mitra kerja Pemerintah Kota Gorontalo, pada kegiatan launching sistem Kasda online.

RadarGorontalo.com – Sistem Kas Daerah (Kasda) Online, adalah satu dari sejumlah inovasi dan terobosan yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo. Dan program ini, telah diluncurkan Kamis (03/11). Kasda Online merupakan wujud dan bentuk transparansi Pemerintah Kota, atas pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel. Tidak heran jika banyak harapan yang diungkapkan Pemerintah Kota, serta BPKP RI Perwakilan Gorontalo dan Bank Sulut-Go yang diketahui juga terlibat dalam kerjasama program tersebut.

Atas pelounchingan program sistem Kasda Online, yang diketahui sudah disepakati bersama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). “Harapan saya, dengan adanya pengoperasian sistem Kasda Online ini, apa yang menjadi tujuan kita bersama dalam pengelolaan keuangan yang transparan serta akuntabel dan efisien, bisa tercapai,” ujar Walikota.

Sistem program Kasda Online ini, selain bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota, dalam mengelola keuangan daerah. Program ini juga untuk mengantisipasi terjadinya praktek penyimpangan tak terkecuali pungutan liar (pungli). Dan memberikan kemudahan terhadap Aparatur Siplin Negara (ASN) khususnya lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik yang mengurus atau melayani pencairan di DPPKAD Kota Gorontalo. “Sistem ini dapat membantu Pemerintah Kota Gorontalo dalam melakukan pencairan di Bank Sulut-Go,” terang Walikota.

Sementara itu Pimpinan Bank Sulut-Go Cabang Gorontalo Sjahron Botutihe mengatakan, Kasda Online ini adalah bentuk apresias Bank Sulut-Go terhadap kerjasama yang selama ini terjalin bersama Pemerintah Kota Gorontalo. Tak terkecuali BPKP RI Perwakilan Gorontalo yang secara sukarela memberikan bantuan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda), dalam rangka mensukseskan pelaksanaan program tersebut. Tujuan dari program yang menggunakan sistem online ini, bukan hanya membantu Pemerintah Kota dalam melakukan pengawasan dan pencairan dana. Tetapi memberikan manfaat terhadap Bank Sulut-Go sendiri, dalam memberikan pelayanan terbaik pada Pemerintah Kota sebagai mitra kerja. “Dengan adanya sistem Kasda Online ini, semua pelayanan tidak lagi dilakukan secara manual, yang diketahui banyak menyita waktu baik terhadap Pemerintah Kota atau Bank Sulut-Go sendiri. Apalagi tiba pada waktu akhir tahun di Bulan Desember,” ungkap Sjahron.

Mengenai aplikasi Simda Kepala BPKP RI Perwakilan Gorontalo Trihandoyo mengatakan, pada dasarnya bukan hanya digunakan atau diberikan pada Pemerintah Kota Gorontalo, tapi aplikasi ini secara Nasional sudah dimiliki masing-masing daerah se Indonesia. Karena ini merupakan aplikasi yang mempermudah mitra kerja, dalam mengelola keuangan daerah. Dan kalau dilihat dari tantangan, banyak yang akan dihadapi pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah, seperti keakuratan data dan kecepatan pelayanan. Kehadiran aplikasi IT ini, yang akan menjawab semua tantangan itu. “Aplikasi ini selain bisa menanam prosedur dalam mengawasi terjadi penyimpangan, juga mampu menopang sisi pelayanan dan pengawasan, baik dalam hitungan waktu, kapan dan siapa yang melakukan pelayanan dan yang dilayani hingga pengukuran akurasi data,” terang Trihandoyo.(rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *