Karawo – Kopiah Karanji Seragam Wajib ASN

ilustrasi seragam ASN (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – Tahun depan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan membuat kebijakan seragam baru bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yakni mewajibkan penggunakan seragam khas Gorontalo karawo dengan kopiah karanji (peci dari anyaman rotan,red) bagi PNS pria. Kebijakan ini tak cuma untuk melestarikan pakaian khas Gorontalo, disisi lain diharapkan juga bisa menggairahkan sektor usaha kecil, khususnya kerajinan daerah.

“Karawo dan kopiah karanji menjadi identitas orang Gorontalo. Kita patut bangga, kita punya ciri khas budaya, berupa seni maupun barang. Apalagi ciri khas ini disukai, dan digunakan diluar Gorontalo. Contoh Sandiaga Uno, yang sering menggunakan kopiah karanji dan karawo, serta banyak lagi. Jika orang lain bangga, mestinya kita harus lebih bangga lagi. Inilah salah satu alasan karawo dan kopiah karanji akan menjadi salah satu seragam PNS di Kabupaten Gorontalo 2017 mendatang,” kata Bupati Gorontalo Ir Nelson Pomalingo kepada Radar Gorontalo.

Alasan lainnya, kebijakan ini diharapkan bisa memberikan dampak ekonomi, kepada pengrajin karawo. Nelson berandai andai, jika saja setiap tahun sekali setiap PNS membeli satu pasang seragam karawo maka ini akan memberikan dampak besar . Apalagi jumlah PNS di Gorontalo kurang lebih 6 ribuan lebih, jika dihitung hitung kurang lebih ada 1 miliar per tahun uang yang beredar langsung kepada pengusaha kecil. “ Itu hitungannya, baru seputar kabupaten Gorontalo. Apalagi jika ini juga menjadi kebanggaan masyarakat dengan menjadikan karawo dan topi keranjang ini sebagai kebiasaan untuk digunakan di kegiatan lainnya seperti pernikahan, ada resepsi lainnya. Atau menjadi oleh oleh rutin untuk rekanan ataupun keluarga diluar daerah,’ tentunya akan memberikan dampak langsung bagi perekonomian daerah khusus kalangan pengusaha kecil,’ ujar Nelson Pomalingo. “ Insya allah tahun depan, kebijakan ini akan diterapkan. Nantinya sekali seminggu atau kegiatan nasional akan diwajibkan digunakan,’ kata Nelson. (RG-20)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *