Kanker Serviks Sulit Dideteksi

kanker serviks

RadarGorontalo.com – Berdasarkan data dari sejumlah sumber, kasus penderita kanker di Provinsi Gorontalo terbilang sangat jarang. Pengetahuan tentang penyakit satu ini, masih sangat minim. Tak jarang, nanti sudah masuk stadium 4, baru penderitanya memeriksakan diri ke dokter. Beberapa waktu belakangan, hampir semua media nasional memberitakan tentang kondisi kesehatan artis Julia Perez yang terkena kanker serviks.

Kanker yang menyerang kaum perempuan ini, dampaknya sangat mematikan kalau tidak ditangani sejak dini. Kebanyakan orang, tidak tahu gejala dini kanker yang masa inkubasinya bisa mencapai 10 sampai 20 tahun (lihat infografis). Apalagi kanker jenis ini, tak memiliki gejala khas untuk deteksi dini. Yang bisa dilakukan adalah, perempuan memeriksakan kesehatan alat reproduksinya secara berkala ke dokter ahli.

di Indonesia sendiri, jumlah penderita kanker serviks khususnya sangat tinggi. Tiap tahun, tak kurang dari 15.000 kasus kanker serviks terjadi di Indonesia. Itu bisa dilihat dari data yang dirilis berbagai lembaga termasuk pemerintah. Bahkan, dari 40 wanita yang didiagnosa mengidap penyakit ini, 20 diantaranya meninggal dunia. Tingginya kasus kanker serviks di Indonesia membuat WHO menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak di dunia.

Besarnya jumlah penderita kanker, hanya bisa ditekan dengan cara menerapkan pola hidup sehat. Namun jika sudah terlanjur, maka yang bisa dilakukan hanyalah pengobatan baik secara medis maupun alternatif. Untuk Gorontalo sendiri, kasus kanker serviks dan kasus kanker lainnya, terbilang sangat jarang bahkan tidak ada. Namun, tak ada salahnya jika bisa mengetahui dan mencegahnya sejak dini. (**/rg)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *