Kampanyekan KB Lewat Pemutaran Film

Pemutaran film program KB di Desa Iloheluma, Kecamatan Patilangio, Pohuwato.

RadarGorontalo.com – Kesadaran masyarakat akan pentingnya program Keluarga Berencana (KB) masih sangat rendah dan lemah. Sehingga masih perlu diberikan pemahaman, oleh karena itu, BKKBN Provinsi Gorontalo terus mengkampanyekan program Keluarga Berencana (KB), salah satunya lewat film tentang manfaat KB. Sedikitnya telah ada ratusan desa dan puluhan Kecamatan yang telah sukses didatangi oleh tim BKKBN Provinsi Gorontalo untuk terus berinovasi, membuat gebrakan baru dengan meluncurkan kegiatan kampanye program KB lewat pemutaran film yang dirangkaikan dengan pecanangan Kampung KB dan Rumah Dataku. “Intinya adalah peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan KB pada berbagai wilayah sasaran, khususnya menyisir daerah tertinggal, perbatasan bahkan kepulauan,” kata Kabid KSPK BKKBN Provinsi Gorontalo Ibrahim Saba, SH, ketika diwawancarai pada pemutaran film program KB di Dusun Reset, Desa Iloheluma, Kecamatan Patilangio, akhir September 2017 lalu.

Menurut Ibrahim, film yang dipertontonkan kepada masyarakat menjelaskan batas umur berumah tangga bagi wanita (usia perkawinan), mengatur jarak kelahiran dan cara-cara pencegahannya hingga kekerasan dalam rumah tanggah (KDRT).  “Selain hiburan kepada masyarakat, pemutaran film ini juga sebagai sarana menyampaikan program pembangunan, khususnya KB kepada masyarakat. Sehingga menumbuhkan dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya KB guna menciptakan keluarga kecil bahagia dan sejahtera dan menjadikan KB sebagai sebuah kebutuhan. Dan dengan adanya pemutaran film dari BKKBN ini diharapkan masyarakat lebih memahami lagi pentingnya ber KB,” pungkas Ibrahim.

Sementara itu, Kabid KB Efendi Korompot kembali menekankan bahwa masalah kependudukan bukan saja tanggungjawab BKKBN, namun tanggungjawab bersama karena Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait. “juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan demi terwujudnya masyarakat kecil sejahtera,” kata Efendi. (rg-50)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *