Kakek Penambal Lubang di Jalan

Husain Wadipulu saat ditemani Tutun cucunya, ketika melakukan aktivitasnya di jalan Desa Lompotoo.(foto : RG)
Husain Wadipulu saat ditemani Tutun cucunya, ketika melakukan aktivitasnya di jalan Desa Lompotoo.(foto : RG)

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Apa yang dilakukan Husain Wadipulu alias Ka Sadam ini, menjadi tamparan keras buat pemerintah. Bermodalkan gerobak, pacul dan sekop, kakek 50 tahun ini, dengan ikhlas menambal lubang-lubang di sepanjang jalan yang menghubungkan dua kecamatan. Nah.. untuk biaya bahan baku seperti semen, Ka Sadam mengandalkan sumbangan dari pengguna jalan. Kalaupun ada sisa, digunakan untukkehidupan sehari-hari.

Sejak sang Istri meninggal dunia, Ka Sadam yang hanya bekerja serabutan, hidup dengan cucu laki-lakinya yang menderita disabilitas. Awalnya, Ka Sadam prihatin dengan tingginya kecelakaan di sepanjang jalan dekat tempat tinggalnya di Desa Lompotoo Kecamatan Suwawa Tengah. Ka Sadam pun berinsiatif menambal lubang-lubang di jalan itu, dengan material tanah. Sayang, jika musim penghujan datang, tanah-tanah itu disapu air hujan. Mau ditambal dengan material lebih keras seperti semen, tak punya modal.

Ka Sadam pun, mengajak sang cucu  untuk ikut. Kali ini, sang cucu yang tidak bisa membantu pekerjaan fisik, diminta duduk di tepi jalan, sambil memangku kardus, untuk menampung sumbangan dari pengguna jalan yang lewat. Dari sumbangan itulah, Ka Sadam punya modal beli semen. Jalanan yang berlubang sepanjang Desa Lombongo Kecamatan Suwawa Tengah hingga Desa Dumbayabulan Kecamatan Suwawa Timur, satu per satu ditambalnya. Alhamdulillah, apa yang dilakukan Ka Sadam bersama cucunya itu, mampu menolong banyak nyawa. Sejak jalanan berlubang ditambal satu per satu, angka lakalantas menurun.

Ka Sadam memang berharap bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk perbaikan jalan yang selama ini diperbaiknya.¬† Sehingga tidak ada lagi lubang-lubang disepanjang jalan kecamatan suwawa tengan dan suawa timur. “Terima atau tidak bantuan dari pemerintah, saya tetap bersyukur. Bekerja seperti ini saja, saya sudah bersyukur,” tuturnya. (rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.