‘Kado’ Istimewa Bupati untuk Warga Boalemo

Bupati Darwis Moridu ketika menjamu Mr.Christopher Burns, investor pariwisata asal Australia di Rumah Jabatan Bupati Boalemo, Kamis(17/8)kemarin. (RONALD RAMPI/RG)

RadarGorontalo.com – Punya latar belakang sebagai pengusaha, membuat Darwis Moridu peka dan tajam melihat peluang investasi. Bupati Boalemo yang akrab disapa Haji Darem itu sadar, kalau daerahnya tidak bisa terus-terusan bergantung ke pusat. Salah satu yang diliriknya adalah peluang investasi di sektor pariwisata. Dan Kamis (17/8), Bupati kedatangan tamu istimewa yakni salah seorang investor asal Australia. Menariknya sang Investor bernama Christopher Burns itu, sempat ikut bersama dalam prosesi upacara dalam rangka peringatan HUT Proklamasi RI di alun-alun Tilamuta.

Ronal Rampi, Tilamuta

KEHADIRAN Christopher Burns, investor Australia pada upacara peringatan HUT Proklamasi di Alun-alun Tilamuta ini, menjadi unik. Karena, Christopher menjadi satu-satunya orang asing yang pernah ikut perayaan proklamasi di Kabupaten Boalemo. Burns tak sendirian. Ia didampingi beberapa orang, diantaranya utusan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) RI Hendra Marulitua Sianturi, utusan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) bidang hubungan kerjasama luar negeri Rizky Fauzi serta Presiden Direktur Sampoerna.

Saat diwawancarai awak media, Christopher Burns mengungkapkan, kedatangannya ke Boalemo kali perdana, atas undangan Bupati Boalemo. Burns mengaku mengenal Boalemo dengan konsep pariwisata Pulo Cinta yang tengah dikembangkan pemerintah daerah. Meski demikian, Burns menyatakan siap mendukung sektor pariwisata untuk bisa lebih berkembang lagi. “Saya akan meninjau beberapa kawasan wisata lain agar bisa mengetahui konsep pengembangan pariwisata apa yang akan saya lakukan di Boalemo, selain konsep Pulo Cinta saat ini,” ucapnya. Ia menuturkan, pariwisata merupakan sebuah industri. Dimana semua daerah berupaya untuk bisa mengembangkannya. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dalam pengembangan pariwisata. “Bila pariwisata berkembang, berarti ada perputaran ekonomi dari luar ke dalam daerah ini. Selain itu, pariwisata bisa menjadi kebanggaan bagi warga itu sendiri. Karena, potensi maupun produk lokal bisa diperkenalkan dan diperjualbelikan kepada orang luar,”terangnya.

Sementara itu, Bupati Boalemo Darwis Moridu mengungkapkan, Boalemo adalah daerah dengan sejuta potensi wisata. Ada wisata laut, pantai, air terjun serta hutan alam yang indah dan asri. Menurutnya, pemerintah daerah membuka peluang besar kepada para investor untuk berinvestasi di Boalemo. Bahkan untuk menarik investor, Bupati Darwis menyatakan pemerintah daerah bakal memberikan kemudahan dalam pengurusan izin investasi. Lebih daripada itu, Darwis menambahkan, kedatangan investor Australia ke Kabupaten Boalemo tepat pada HUT Kemerdekaan Indonesia ke 72 ini, adalah ‘kado’ istimewa bagi masyarakat Boalemo. “Sebagai pemerintah, kami bangga bisa menghadirkan investor pada upacara 17 Agustus. Ini menjadi komitmen kami dalam membangun daerah tercinta demi kesejahteraan warga masyarakat Boalemo,” tandas sang Panglima Petani.

Rencananya, investor pariwisata ini akan didampingi pula oleh Staf Ahli Bupati Boalemo, Sherman Moridu dan Gerson Samin serta Kepala DInas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boalemo Handoyo Sugiharto. Mereka akan mengantarkan dan memperkenalkan sejumlah obyek wisata yang bisa dikembangkan. “Intinya kita akan mengajak investor ini untuk meninjau kawasan wisata Pantai Bolihutuo agar bisa menentukan konsep pengelolaannya. Selain itu, kita juga akan menawarkan pengelolaan resort di kawasan suaka margasatwa Hutan Nantu,” ungkap Handoyo didampingi Sheran dan Gerson. (*/RG)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *