Kado e-KTP Untuk Pemilih Pemula di Gorontalo

Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, saat menyerahkan kartu ucapan untuk pemilih pemula yang berulang tahun tanggal 17 Agustus.

 

RadarGorontalo.Com – Ada yang berbeda dilakukan bupati di Provinsi Gorontalo dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan Rebuplik Indonesia. Dalam rangka HUT RI ke 72 tahun ini, sejumlah bupati di Gorontalo memberikan kartu ucapan selamat bagi pemilih pemula yang tepat berusia 17 tahun, pada tanggal 17 Agustus 2017. Dalam resepsi malam ramah tamah peringatan 17 Agustus, pemilih pemula juga memperoleh piagam dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

Bupati yang menyerahkan kartu ucapan 17 tahun masing-masing di Boalemo, Gorontalo Utara, dan Bone Bolango.
Di Gorontalo Utara, Bupati Indra Yasin dan Wakil Bupati Roni Imran telah menyerahkan kartu ucapan selamat utk pemilih pemula berusia 17 tahun. Di Boalemo, Bupati Darwis Moridu telah memberikan piagam dan ucapan selamat bagi pemilih pemula. Di Bone Bolango Bupati Hamim Pou, telah menyerahkan kartu ucapan 17 tahun. Di Kabupaten Gorontalo Bupati Nelson Pomalingo dan Wakil Bupati Fadli Hasan juga telah menyerahkan piagam, kartu ucapan dan KTP elektronik.

Dalam kartu ucapan, terdapat pesan-pesan, “Selamat anda memasuki usia 17 tahun, sukses menggapai cita-cita. Sesuai ketentuan perundang-undangan, anda berhak: 1) memilih dalam pemilihan legislatif, Presiden dan Wakil Presiden. 2) Memiliki kesempatan menjadi penyelenggara ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaran pemilihan umum tahun 2019”. Untuk yang berusia 17 tahun di Kabupaten Gorontalo Utara, pemilih sudah memiliki hak memilih pada pemilihan kepala daerah 2018.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Verrianto Madjowa, menjelaskan kegiatan untuk pemilih pemula ini merupakan kerjasama KPU Provinsi Gorontalo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Gorontalo bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota dan KPU kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo. Kegiatan ini merupakan bagian dari pemutakhiran data pemilih berkelanjutan. “Untuk Provinsi Gorontalo, kegiatan yang sama, akan berlangsung pada tanggal 19 Agustus. Pemilih pemula dari enam kabupaten/kota akan mendapatkan kartu ucapan yang sama,” ujarnya. (rg-60)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *