Kades Harus Paham Aturan ADD, Firdaus Utamakan Pencegahan

Firdaus Delwimar

RadarGorontalo.com – Kajati yang satu ini sangat memberikan perhatian untuk Gorontalo. Itu bukan cuma karena istrinya orang Gorontalo, tapi memang Firdaus Delwilmar SH berusaha lebih mengedepankan upaya pencegahan ketimbang penindakan dalam penanganan tindak pidana korupsi. Memang tidak mudah mewujudkan itu, tapi Firdaus mengaku sudah menyiapkan sejumlah program jitu untuk merealisasikan upaya tersebut, dan program tersebut akan dimulai dari desa.

“saya ingin tidak ada lagi kades yang terjerat kasus korupsi karena dana desa. makanya kita semua berkewajiban memberikan penguatan dan pengetahuan kepada seluruh aparat desa. Program Presiden Jokowi harus bermanfaat untuk seluruh rakyat,” ungkap Firdaus kala berkunjung ke redaksi Radar Gorontalo, Senin (16/4) pagi.

Masih soal dana desa, Firdaus mengaku prihatin adanya kades yang akhirnya terjerat korupsi dana desa. Memang, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, tercatat satu desa sudah mengantongi dana desa sampai 3 miliar. Jika tak paham aturan mainnya, maka sudah disitu letak terjadinya kerawanan. Kedepan, Firdaus menyarankan agar penggunaan dana desa, tak lagi dikuasai kontraktor besar apalagi jadi bancakan untuk kepentingan politik. “selain penindakan, ada juga pencegahan. Program-program seperti jaksa menyapa, jaksa masuk sekolah akan kami maksimalkan. Dan untuk program-program itu, kami akan mengajak media seperti Radar Gorontalo untuk ikut terlibat,” papar Firdaus, yang didampingi sejumlah pejabat tinggi Kejati Gorontalo.

Disisi lain, salah satu upaya pencegahan yang sudah dilakukannya adalah pembentukan Tim Pengawal Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) yang berisi sejumlah jaksa. TP4 mengawal seluruh proses perencanaan, lelang hingga tahapan pekerjaan. TP4 sendiri bermaksud mendorong dan mengawal seluruh program infrastruktur berjalan maksimal, dan tanpa penyelewengan.

Kendati demikian, pria yang pernah menjabat sekretaris TP4 pusat itu mengaku, soal kinerja memang masih ada sorotan. Tapi itu oknum dan bukan karena lembaganya. Delwilmar pun berjanji akan perbaiki kinerja tim tersebut. “kalau ada anggota saya yang main proyek, lapor langsung ke saya saja,” tegasnya lagi. (rg-62)

 

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.