Kabgor Investasi ke Tanzania

Bupati Gorontalo mendampingi Menteri Pertanian Tanzania meninjau pabrik pengelolaan kelapa di Boliyohuto

RadarGorontalo.com – Kunjungan Pemerintah Tanzania yang dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian, SDA dan Perikanan, ternyata memberikan efek positif bagi Kabupaten Gorontalo. Pasalnya, tak hanya bersilaturahim, Tanzania ternyata diam-diam menaruh simpati terhadap sektor pertanian di Kabupaten Gorontalo.

Seperti diketahui, ditahun 50an Negara Tanzania merupakan negara pengekspor kelapa, tapi setelah itu industri kelapa kita mengalami kondisi jatuh,” ungkap Menteri Pertanian Tanzania Rashid Ali usai meninjau pabrik pengelolaan Kelapa di PT. Tri Jaya Tangguh di kecamatan Boliyohuto dan lokasi pembibitan kelapa paten di Kecamatan Batudaa.

Jatuhnya produksi dan industri kelapa di Tanzania membuat mereka beralih ke Pariwisata di Tahun 99. Namun setelah Presiden Tanzania berkunjung ke Indonesia beberapa bulan lalu, menyadarkan mereka bahwa industri kelapa sangat kuat bagi peningkatan ekonomi negara.

“Kami melihat Gorontalo merupakan daerah yang industri kelapanya bangkit, sehingga kami kembali menyadari bahwa secara global industri kelapa itu sangat kuat, maka kami putuskan Kabupaten Gorontalo tempat yang tepat dan pas untuk pihak kami datang belajar dan melakukan penelitian untuk mengembangkan industri kelapa,” tutur Rashid Ali melalui penerjemahnya.

Untuk itu, sebagai pusat pengembangan kelapa di Gorontalo, maka kolaborasi yang diharapkan dengan pemerintah Kabupaten Gorontalo adalah mendapatkan pengetahuan mengenai pengembangan kelapa mulai dari pembibitan hingga pengelolalaan serta teknologi produksi minyak kelapa.

“Seperti yang pernah jaya di tahun 50an di Tanzania, kami yakin ini bisa mengembalikan kejayaan kelapa di negara kami,” tandas Rashid. Sementara itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan jika memungkinkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo akan mulai melakukan kerjasama global dengan pihak Negara Tanzania dalam sektor Pertanian dan Perikanan.

“Kunjungan pihak Kementerian Pertanian Tanzania ini merupakan tindak lanjut dari tim Ambsador Duta Besar Tanzania dan Presiden Tanzania di Jakarta, yang kelihatannya mereka serius untuk bisa bekerja sama dalam sektor andalan kita yakni kelapa, cengkeh dan perikanan,” kata Bupati Nelson.

Dalam hal ini, pihak Tanzania akan mengirimkan Sumber Daya Manusianya ke Gorontalo untuk belajar dan melakukan penelitian untuk bisa mengetahui teknis pengembangan industri kelapa mulai dari pembibitan hingga pengelolaan kelapa.

“Oleh karena itu kami membawa mereka (Rombongan Menteri Pertanian Tanzania,red) ke sini untuk kita bawa langsung kelapangan melihat pembibitan kelapa, pengelolaan kelapa dan selanjutnya ke perikanan,” tuturnya.

Menurutnya, bagi pihak luar negeri yang melakukan investasi di daerah itu hal yang biasa, namun yang luar biasa jika pihak Kabupaten Gorontalo yang bisa berinvestasi di luar Negeri. Kerjasama ini pun, beber Nelson, akan dimulai tahun depan. “Sambil kita akan mulai berkunjung kesana (Tanzania,red),” pungkasnya. (RG-52)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.