Sen. Mei 20th, 2019

RGOL

Jangan Takut Bicara Politik

Jumat Besok, Badai Matahari Berpotensi Ganggu Sinyal HP dan GPS

1 min read
Ilustrasi ponsel

RadarGorontalo.com – Lembaga layanan cuaca Inggris, Met Office mengumumkan peringatan akan terjadi ledakan besar sinar kosmik dari Matahari ditengarai bakal menuju Bumi, besok Jumat, (15/3), yang berdampak gangguan berat ke sinyal GPS, handphone (HP) dan TV digital, lansir express, Rabu (13/3).

Ledakan besar sinar kosmik muncul dari lubang berbentuk ngarai di atmosfer atas Matahari. Celah panjang dan sempit di atmosfer Matahari, yang dikenal sebagai lubang koronal, melepaskan rentetan sinar kosmik.

Fenomena yang menimbulkan radiasi itu, menurut laman Space Weather, tidak membahayakan manusia karena terlindungi dari medan magnet Bumi, tetapi memengaruhi teknologi berbasis satelit.

Di mana, ikut memengaruhi satelit di orbit yang menyebabkan gangguan navigasi GPS, sinyal ponsel dan TV satelit.

Selain itu, gelombang partikel dapat menyebabkan arus tinggi di magnetosfer, yang dapat menyebabkan arus lebih tinggi dari listrik normal di saluran listrik, mengakibatkan transformator listrik dan pembangkit listrik meledak dan kehilangan daya.

Met Office memeringatkan bahwa masyarakat akan menghadapi badai Matahari yang monumental pada masa depan, yang dapat menghancurkan teknologi Inggris dan merugikan Inggris hampir £ 16 miliar setara Rp 304 triliun. (mg8/jpnn)

Share

Tinggalkan Balasan