Jokowi vs Prabowo, Gorontalo Pilih Siapa ?

Ilustrasi

RadarGorontalo.com– Pemilihan presiden kali ini, jauh lebih seru dibanding piplres sebelumnya, khususnya di Gorontalo. Lihat saja, seluruh kepala daerah yang ada, bahu membahu untuk memenangkan pasangan Jokowi – Ma ruf Amin. Sayang itu tidaklah mudah, karena sebagian masyarakat lebih memilih Sandiaga Uno yang notabene adalah putra Gorontalo sebagai cawapres pasangan Prabowo.

Kondisi inipun membuat para kepala daerah harus bekerja ekstra. Pasalnya, tak cuma dituntut memenangkan Jokowi sebagai calon yang diusung partainya di pilpres, para kepala daerah juga harus putar otak untuk bisa memenangkan partainya di pileg 2019. Beda dengan pilpres 2014, para kepala daerah lebih santai, karena mayoritas suara ke Prabowo kala itu.

Namun menurut pengamat politik, dibanding para kepala daerah akan mendahulukan pileg. Karena hasil pileg nanti, akan sangat menentukan arah politik di pilkada serentak di 2020 dan 2024. Sementara itu, dikutip dari Indopos, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon nomor urut peserta Pemilihan Presiden tahun 2019.

Hasilnya, Jokowi – Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 01 dan Prabowo – Sandiaga nomor urut 02. “Menetapkan nomor urut capres cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin pada nomor urut 1 dan Prabowo – Sandiaga pada nomor urut 2,” ucap Ketua KPU RI Arief Budiman dalam rapat pleno di kantornya, Jumat (21/9/2018).

Proses pengundian nomor urut ini diawali dengan penentuan nomor urut terlebih dahulu. Sandiaga dan Ma’ruf yang didaulat mengambilnya. Pasangan Prabawo – Sandi mendapat giliran pertama untuk mengambil nomor urut peserta pilpres dilanjutkan dengan pasangan Jokowi – Ma’ruf. Kemudian Prabowo maju mengambil nomor urut itu dilanjutkan dengan Jokowi.

Setelah keduanya mengambil tabung yang berisi nomor urut, keduanya membuka secara bersamaan. Akhirnya terlihatlah Prabowo mendapat nomor urut 02 sedang Jokowi nomor urut 01. Penetapan nomor urut ini dituangkan dalam keputusan KPU RI nomor 1142/PL.02.2-Kpt/06/KPU/IX/2018 tentang penetapan nomor urut pasangan calon peserta pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019, tanggal 21 September 2018. (jaa/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.