Jokowi Bakal Balik Lagi

Peresmian PLTG Paguat
Peresmian PLTG Paguat

Ingin Saksikan Panen Jagung

GORONTALO (RadarGorontalo.com) – Walaupun kalah di daerah ini pada Pilpres silam, tapi rupanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah kecantol dengan Gorontalo. Diperkirakan sekitar 2 bulan dari sekarang.

Ternyata, sewaktu menuju Kabupaten Pohuwato dengan Helikopter pada kunjunganya Jumat 3 Juni 2016 lalu, Jokowi berjanji kepada gubernur Rusli Habibie, akan datang lagi ke Provinsi Gorontalo. Jokowi nampaknya tertarik dengan jagung, dan berjanji akan menghadiri dan menyaksikan langsung panen raya jagung musim panen tahun ini.

“Ini tanaman apa pak gub? tanya Jokowi sewaktu naik Helikopter. Ini jagung pak Presiden, jawab Rusli. Oh iyaa Gorontalo dikenal dengan jagungnya, nanti saya datang lagi lihat panen jagung,” janji Jokowi kepada Rusli Habibie.

Kemudian secara singkat Rusli menjelaskan kepada Presiden bahwa data BPS sebelum pemerintahannya, produksi jagung hanya 569 ribu ton pertahun. Di 2015 meningkat yakni mencapai 882 ribu ton pertahun. Begitu juga produksi padi mengalami peningkatan dari 265 ton pertahun naik menjadi 344 ton pertahun. “Dan berhasil mengekspor jagung tujuan Filipina pak Presiden, yakni 123 ribu ton, atau sumbangsi 31 persen dari total jumlah ekspor jagung secara nasional, dengan nilai transaksi 7,3 juta dollar,” kata Rusli menjelaskan kepada Presiden.

Tentu Rusli sangat bangga dengan perhatian Presiden ini. Apalagi dua kali kunjungan Presiden ke Gorontalo, Jokowi menginap. Pada kunjungannya 5 Desember 2014, dan 3 Juni 2016 kemarin. “Selama kunjungan pak Presiden ke daerah-daerah, hanya dua daerah dia nginap. Di Papua dan Gorontalo. Tentu ini jadi kembanggaan tersendiri bagi kita semua,” ungkap Rusli. (rg-50)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *