Jika Tak Jalankan Putusan Bawaslu, Perindo Bakal Laporkan KPU ke DKPP

Ronald Taliki SH

RadarGorontalo.com – Proses sengketa pemilu dimeja hijau Bawaslu Pronvisi Gorontalo, yang diajukan Partai Perindo. Tentang pembatalan Surat Keputusan (SK) Daftar Calon Sementara (DCS), yang diterbitkan KPU Provinsi Gorontalo. Rabu (05/09) malam kemarin, secara resmi diterima oleh majelis sidang sengketa proses pemilu, yaki Bawaslu Provinsi Gorontalo.

Keputusan ini jika tidak ditindak lanjuti oleh KPU Provinsi Gorontalo, maka Penasehat Hukum (PH) Partai Perindo Provinsi Gorontalo, Ronal Taliki, SH menegaskan. Pihaknya siap melaporkan KPU Provinsi Gorontalo ke DKPP RI. Demikian kata Ronal, saat ditemui usai sidang di Bawaslu Provinsi Gorontalo. “Permohonan kami sudah diterima majelis sidang sengketa pemilu. Dan jika ini tak ditindak lanjuti oleh KPU, maka dengan berat hati kami akan men DKPP-kan KPU Provinsi Gorontalo,” tegas Ronal.

Secara rinci Ronal jelaskan, sidang sengketa pemilu yang membahas tentang, aturan PKPU 20 tahun 2018. Mengenai mantan terpidana korupsi, yang tidak memenuhi syarat oleh KPU Provinsi Gorontalo. Itu sangat bertentangan dengan Undang-Undang (UU) diatasnya, serta hak asasi manusia. Seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang 1945, pasal 1 ayat 3, UU nomor 7 tahun 2017, tentang pemilihan umum, UU nomor 12 tahun 2011 tentang peraturan perundang-undangan.

Kemudian UU nomor 39 tahun 1999, tentang hak asasi manusia, dan putusan Mahkama Konstitusi (MK) RI mengenai hak asasi manusia. “Inilah yang menjadi pertimbangan majelis sidang sengketa, dan menerima permohonan pemohon. Serta membatalkan Surat Keputusan (SK), yang diterbitkan KPU, juga menjadi objek sengketa dalam sidang ini. Kemudian mengikut sertakan Drs. Smuel Buntuang, dalam DCS,” terang Ronal.

Menanggapi soal hasil putusan majelis sidang sengketa, dan pernyataan dari Ronal Taliki tadi. Salah satu komisioner KPU Provinsi Gorontalo Hendrik Imran mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti putusan tersebut ke KPU RI. “Sekaligus melakukn konsultasi ke KPU RI,” singkat Mantan Ketua KPU Kabupaten Gorontalo ini. (rg-62)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.