Jenderal TNI di Pilwako Gorontalo

Brigjen TNI Afanti S. Uloli bersama Rusli Habibie di Lebaran Ketupat di kediaman Saleh Hemeto (Om Deka). (Salman/rg)

RadarGorontalo.com – Kemungkinan, akan ada satu lagi calon kepala daerah yang berlatar belakang TNI seperti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang terjun ke dunia politik. Bahkan kali ini adalah sosok Jenderal TNI bintang satu Brigjen TNI Afanti S. Uloli.

Selama berada di Gorontalo libur lebaran, putra asli Gorontalo ini banjir dukungan. Dia diminta masyarakat Kota Gorontalo untuk maju sebagai calon walikota. Menurut mereka, walikota periode depan harus figur yang tegas, punya komitmen yang kuat serta berani melakukan terobosan yang wah untuk pembangunan Kota Gorontalo. “Ini kota bos, harus orang yang berani dan tegas dalam memimpin. Kalau tidak, lihat saja sekarang yang katanya kota adalah wajah Provinsi Gorontalo, ya, biasa-biasa saja,” kata warga yang tak mau namannya di sebutkan.

Jenderal Afanti Uloli diminta untuk kembali Gorontalo. Namun apakah dia berani ambil resiko seperti jejak Agus Yudhoyono. Ditemui disela-sela perayaan Hari Raya Ketupat kemarin, Jenderal Afanti belum banyak berkomentar. Namun sejumlah tokoh Gorontalo mengaminkan aspirasi masyarakat terebut. Seperti Saleh Hemeto, Rusli Habibie, Safrudin Mobiliu dan Sartika Hemeto.

Selain seputar kondisi Gorontalo terkini, peta perpolitikan jelang Pilwako jadi materi perbincangan mereka di meja makan tersebut. Terlebih Rusli Habibie, sebagai pembina politik sejak usai Pilgub dia membuka kesempatan kepada siapa saja yang ingin bertarung di Pilwako, untuk mensosialisasikan diri. “Silahkan bagi yang tertarik ikut Pilwako, segera pasang baliho,” seru Rusli beberapa waktu lalu. Bahkan dia tak membatasi hanya untuk Golkar, seruan tersebut untuk seluruh partai, termasuk jalur independen atau perseorangan.

Sementara munculnya aspirasi terhadap sosok Jenderal TNI di Pilwako, tentu akan menjadi ancaman bagi figur lain. Hanya saja pertannyaanya apakah Jenderal Afanti berani atau tidak, sementara masyarakat Kota Gorontalo menati. (rg-50)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *