Jelang Lebaran, Pasien Rumah Sakit Juga Minta Cuti

ilustrasi (Anwart/RG)

RadarGorontalo.com – Berlebaran bersama keluarga di kampung, sudah menjadi tradisi tahunan setiap akhir Ramdhan. Sepertinya moment serupa juga, ingin dirasakan para pasien di RSUD Aloei Saboe. Alhasil, mereka pun mengajukan permohonan kepada dokter, untuk cuti. Bukan cuti dari sakit, tapi cuti dari pelayanan karena ingin mudik lebaran.

Pihak RSAS Kota Gorontalo sendiripun, tidak bisa berbuat banyak. Karena alasan yang diungkapkan pasien, juga sangat logis. “Umumnya mereka beralasan ingin lebaran dengan keluarga mereka,” ujar Direktur RSAS Kota Gorontalo dr. Andang Ilato SH. MH, ketika dihubungi terpisah melalui selular Jumat (16/6) malam.

Diakui dr. Andang, pasien minta cuti ini sudah beberapa kali terjadi di pusat pelayanan kesehatan yang dinahkodainya. Memang jumlahnya, sedikit dari total pasien yang dirawat di RSAS Kota Gorontalo. Jika jumlah pasien mencapai sekitar 200 orang, yang minta cuti hanya berkisar 6 sampai 10 orang. Usulan untuk perawatan di rumah pun, ditolak oleh pasien. Padahal upaya yang dilakukan pihak RSAS itu, baik untuk perawatan kesehatan pasien kedepan. “Pasien yang minta cuti ini, rata-rata mereka yang menderita penyakit ringan. Jika pasien yang menderita penyakit serius, alasan apapun kami tidak ijinkan,” terang dr. Andang.

Berbicara soal pelayanan kesehatan di RSAS Kota Gorontalo, ia jelaskan ada perampingan Standar Operasional Prosedur (SOP), dan itu hanya diberlakukan pada pasien rujukan. Artinya, jika sebelumnya pasien melakukan rujukan dari rumah sakit lain ke RSAS, itu harus dilengkapi dengan berkas administrasi. Khusus lebaran ini tidak lagi, yakni mereka bisa langsung melakukan rujukan ke RSAS tanpa harus melengakapi berkas administrasi terlebih dahulu. “Ini kami lakukan untuk lebih mempermuda pasien dari luar daerah untuk mendapatkan penanganan medis di RSAS,” jelas dr. Andang.(rg-62)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *