Jamkrida Bisa Selamatkan 53 Ribu UMKM

ilustrasi (Anwar/RG)

Bakal Jadi Embrio BPD Gorontalo

RadarGorontalo.com – Jika perusahaan penjamin kredit daerah (PPKD) atau PT. Jamkrida jadi berdiri di Gorontalo, akan ada 53 ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bisa tumbuh, dengan bantuan permodalan dari bank. Tak cuma untung dari permodalan, UMKM juga bisa dapat pendampingan dari Jamkrida itu sendiri.

“pertama masuk dulu dalam dokumen perencanaan untuk pendirian PPKD dalam RPJMD, baru masuk ke RKPD. Lebih detail, dokumen berikutnya bikin perda pendirian. Insya Allah 2018 sudah bisa mulai,” ungkap Hujairin Rohan Asisten tiga membidangi ekonomi dan keuangan, di Maqna Hotel belum lama ini.

Dipaparkan Hujairin, keberadaan PPKD atau PT. Jamkrida akan mengambil alih apa yang tidak bisa dilakukan oleh bank. Sedikitnya saat ini, ada 53 ribu UMKM yang potensial atau feasible, namun tidak cukup bankable untuk bisa peroleh kredit dari bank. “bank tidak mau karena tidak ada jaminan,” ungkapnya. Nah, PPKD akan ambil alih itu, dengan memberikan penjaminan. Bahkan, Hujairin berpendapat cara ini jauh lebih solutif dari pada pemberian hibah. Bantuan modal dalam bentuk hibah sendiri, sekarang tak diperbolehkan lagi.

Keuntungan tak cuma diraih UMKM tapi juga PPKD. Hujairin kembali menjelaskan, dari sisi bisnis keuntungan akan diraih PPKD dalam bentuk pembayaran jasa pemberian jaminian dari bank. “beberapa persen dari kreditnya akan diberikan ke Jamkrida,” tambah Hujairin. Jadi, kalau kreditnya tak macet maka Jamkrida untung terus. Kalau macet maka Jamkrida yang membayarkan preminya. Tak cuma itu, secara teknis, jika rata-rata pemilik usaha yang dijamin PPKD rajin mengangsur kreditnya, maka uang yang ada bisa dideposito, bahkan bisa juga untuk investasi. “kuncinya adalah keahlian kita mengelola itu,” ujarnya.

Bagaimana jika UMKM itu macet angsurannya? Jika terjadi seperti itu, maka Jamkrida yang akan mengambil tindakan, karena itu dijamin undang-undang. Jadi memang kata Hujairin, sejak awal UMKM yang akan mendapat penjaminan, harus melalui jenjang verifikasi seperti feasibiliti studi. Harus benar-benar dilihat, kelayakan hingga potensi UMKM itu sendiri. Bahkan, saat kredit sudah turun pun, Jamkrida akan membantu pendampingan, bantu pemasaran hingga manajemen keungannya.

Walaupun uangnya berasal dari urunan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, tapi jajaran direksi Jamkrida akan diisi oleh kalangan profesional. Bahkan, penentuan direksi akan mengacu hasil fit and propher test di OJK. Hujairin sendiri, tak menampik jika berjalan sukses dan menguntungkan, bukan mustahil Jamkrida bakal menjadi embrio pendirian Bank Pembangunan Daerah Provinsi Gorontalo, seperti yang dilakukan provinsi-provinsi lainnya. (rg-34)

Berita Terkait

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *