Jajal Kerjasama Bidang Pertanian, Menteri Pertanian Tanzania ke Gorontalo

Wagub Idris Rahim menyambut Menteri Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republik Tanzania, Rashid Ali Juma, saat berkunjung ke Gorontalo

RadarGorontalo.com – Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republik Tanzania, Rashid Ali Juma, bertemu dengan Wakil Gubernur Idris Rahim di Hotel Maqna Kota Gorontalo, Jumat (2/11) kemarin.

Kedatangan Menteri Pertanian, Sumber Daya Alam, Peternakan dan Perikanan Republik Tanzania tersebut bertujuan untuk memperluas kerja sama di sektor pertanian antara negara yang terletak di benua Afrika bagian timur dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Tujuan utama kami datang ke Gorontalo untuk memperluas kerja sama, membangun komunikasi dan koordinasi di bidang pertanian dan perikanan, khususnya dalam pengembangan kelapa,” kata Rashid Ali Juma.

Rashid Ali Juma mengapresiasi perkembangan sektor pertanian di Provinsi Gorontalo. Menurutnya, Provinsi Gorontalo memiliki keistimewaan dalam pengembangan pertanian dan perikanan.

Oleh karena itu pihaknya tertarik untuk menggagas kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk memajukan sektor pertanian dan perikanan di Republik Tanzania.

Sementara itu Wagub Idris Rahim menyambut baik rencana kerja sama antara Republik Tanzania dengan Pemprov Gorontalo di sektor pertanian dan perikanan.

Idris mengutarakan, ketertarikan pemerintah Tanzania untuk bekerja sama dengan Pemprov Gorontalo, selain merupakan satu kebanggaan, sekaligus merupakan tantangan untuk terus memajukan sektor pertanian yang selama ini menjadi leading sector dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Gorontalo.

“Tentunya kita berharap kerja sama ini akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Daeng Mario mengatakan kerja sama antara Pemprov Gorontalo dengan Republik Tanzania merupakan implementasi dari kesepakatan kerja sama antara Menteri Pertanian Republik Indonesia dengan Republik Tanzania.

Menurutnya, dipilihnya Gorontalo karena ada kesamaan baik dari segi iklim maupun dari komoditi pertanian yang dikembangkan. “Menteri Pertanian Tanzania menilai pengembangan pertanian di Gorontalo lebih maju dibandingkan di negaranya. Karena itu pihaknya berharap bisa berbagi informasi, teknologi dan konsep pengembangan pertanian,” jelasnya. (RG-25)

Share

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *