Internet Sehat dan Aman Penting Bagi Pelajar

Kepala Dinas Keminfo Kabgor Azis Nurhamidden saat memberikan materi internet sehat dikalangan pelajar. (foto dok)

RadarGorontalo.com – Fenomena penggunaan internet telah memberi warna tersendiri di kalangan masyarakat. Betapa tidak, internet bahkan telah menjadi wadah kreativitas dan inovasi bagi siapa saja yang menjadi penggunanya, seperti dalam hal pencarian informasi berupa data, gambar dan video. Sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan dan juga sarana hiburan yang meyegarkan. Namun begitu, penggunaan internet haruslah lebih efektif dan efisien karena internetpun memiliki sisi negatif.

Perkembangan teknologi saat ini bagaikan dua mata pisau yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua elemen masyarakat. Saat ini jejaring sosial tumbuh begitu pesatnya, baik jumlah media sosial dan jumlah penggunanya. Sebagai sarana untuk mencari teman dan juga sarana untuk berbisnis. Di kalangan remaja khususnya siswa atau pelajar, internet banyak membantu dalam peningkatan pengetahuan dan keahlian serta penyelesaian tugas-tugas di sekolah.

Sementara sisi negatifnya internet juga telah menjadi media kekerasan dan pelecehan seksual, penyebaran berita palsu atau hoax, ujaran kebencian, penipuan transaksi online serta penyebaran konten-konten porno. Tingginya tingkat kecanduan siswa dan pelajar terhadap penggunaan internet yang tidak sehat menyebabkan kemunduran ahlak, moral serta perilaku. Untuk menghindari sisi negatif tersebut, peran orang tua di rumah serta guru sebagai walinya di sekolah sangat diperlukan untuk mengawasi dan memberikan bimbingan kepada anak-anak.

Mereka harus diberikan bekal agar bisa membentengi diri dari kejahatan dunia maya. Untuk merubah perilaku penggunaan internet yang tidak sehat dan aman ini, dibutuhkan sebuah konsep yang diharapkan akan mampu merubah kebiasaan buruk siswa dalam memanfaatkan internet agar mengedepankan sisi positifnya, sehingga dapat membangun sikap awareness terhadap teknologi informasi yang terus berkembang. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo telah mengambil bagian dari usaha meningkatkan pengetahuan siswa akan pentingnya menggunakan internet secara sehat dan aman melalui sosialiasi di sekolah-sekolah baik SLTP dan SLTA di Kabupaten Gorontalo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gorontalo Drs. R. Azis Nurhamidin, M.Pd menyampaikan hal ini di sela-sela acara sosialisasi Internet Sehat dan Aman Bagi Siswa SLTP dan SLTA beberapa waktu yang lalu. Sebagai salah satu Program dan Kegiatan Unggulan sosialisai ini akan tetap terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang. (RG_20)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *