Inovasi Siswa SMAN 1 Telaga, Berhasil Ciptakan Kecap BARAJA

Siswa SMA Negeri 1 Telaga yang berhasil membuat inovasi kecap dari batang dan rambut jagung (Baraja), bersama wagub Idris Rahim, didampingi oleh Pejabat Perwakilan Kementerian Pertahanan Provinsi Gorontalo, Kolonel Inf. Paulus Herpomo Triwibowo dan guru pembina, Suartin Makrun

RadarGorontalo.com -Kecap Baraja (batang dan rambut jagung) hasil inovasi dua siswa dari Provinsi Gorontalo berhasil meraih Juara Kedua Nasional pada lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) tahun 2018 yang digelar oleh Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Kedua siswa tersebut adalah Yayan Sahi dan Niva Isa, keduanya adalah siswa SMA Negeri 1 Telaga, Kabupaten Gorontalo.

Wakil Gubernur Idris Rahim, saat menerima keduanya, menyatakan sangat mengapresiasi keberhasilan dua siswa yang telah mengharumkan nama Provinsi Gorontalo di tingkat nasional dan mendorong agar kecap Baraja bisa diproduksi secara massal. “Harus ada kelanjutan, jangan berhenti sampai pada kejuaraan itu saja. Kecap Baraja ini harus diproduksi dalam jumlah yang banyak dengan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah,” kata Wagub.

Pada kesempatan itu Idris menantang kedua siswa tersebut untuk memproduksi kecap Baraja dalam jumlah besar. Bahkan saat itu juga Idris langsung mencatat berbagai peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi kecap Baraja, termasuk wadah untuk kemasan kecap. “Saya tantang adik-adik memproduksi kecap ini dalam jumlah besar. Kita akan bantu peralatan dan bahan untuk memproduksi kecap Baraja.

Nanti hasilnya akan kita promosikan dan pasarkan di gerai-gerai industri kecil dan menengah,” tutur Idris. Pada kesempatan itu, Yayan Sahi, siswa yang sejak bangku sekolah dasar tinggal di panti asuhan tersebut juga mengutarakan harapannya untuk mendapatkan perhatian dari Pemprov Gorontalo berupa beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Untuk beasiswa pendidikan akan kita upayakan sesuai program Pemprov Gorontalo untuk membantu para siswa berprestasi,” tegas Idris. Yayan Sahi, adalah siswa berprestasi yang pernah menjadi juara ketiga pada lomba pidato pentas Pendidikan Agama Islam tingkat nasional dan pembicara terbaik pada lomba debat Bahasa Indonesia tahun 2018. Sedangkan Niva Isa adalah anggota Forum Anak Nasional perwakilan Provinsi Gorontalo tahun 2016, serta Pelopor dan Pelapor Anak Indonesia tahun 2016. (RG-25)

Share

Comments

comments

2 thoughts on “Inovasi Siswa SMAN 1 Telaga, Berhasil Ciptakan Kecap BARAJA

  • 11 October 2018 at 22:39
    Permalink

    insya allah klu radar gorontalo siap dan mau utk meliput inovasi Desa Dari desa monano hasil penemuan anak karang taruna desa monano yaitu kopi yg bahan bakunya dari kelapa nomor hp 081241692129

    Reply
    • 15 October 2018 at 19:53
      Permalink

      Terima kasih atas informasinya. Segera kami tindaklanjuti, nanti ada wartawan yang akan menghubungi.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *