Ini Manfaat Bendungan Bulango Hulu Dibangun

Kunjungan kerja dan konsultasi jajaran Komisi III Deprov Gorontalo, ke Kementerian PU-PERA RI Ditjen SDA, terkait pembangunan bendungan Bulango Hulu, kemarin. (foto: li_nen)

RadarGorontalo.com – Jika pembangunan bendungan Bulango Hulu di kabupaten Bone Bolango (Bonbol) telah terealisasi, bukan tidak mungkin, provinsi Gorontalo, akan semakin dilengkapi dengan ragam infrastruktur pendukung dari segala upaya peningkatan ekonomi kesejahteraan masyarakat-nya. Sebab, banyak manfaat, jika bendungan Bulango Hulu itu, telah dibangun.

Apa saja? Yakni, sebagai salah satu faktor pendukung dari pengendalian bencana banjir, lalu bisa pula difungsikan sebagai wadah pengelolaan air bersih, cikal bakal bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air, hingga pada pengaturan sedimentasi atau mencegah aliran air yang terbawa dengan lumpur dari sumber-sumber mata air yang ada di hulu dari bendungan Bulango Hulu itu sendiri.

Hal itu merupakan salah satu hasil dari kunjungan kerja dan konsultasi yang didapatkan oleh jajaran Komisi III Deprov Gorontalo, di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PU PERA) RI di Direktorat Jendral Sumber Daya Alam (Ditjen SDA), kemarin.

Dimana, dari kunjungan kerja yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III Deprov, Suharsi Igirisa tersebut, pihak Ditjen SDA Kemen-PU PERA, sangat berharap, lebih ada sinkronisasi dan koordinasi yang menyeluruh lagi, dari instansi terkait, antara pusat dan daerah di provinsi dan kabupaten Bonbol, terkait rencana pembangunan bendungan Bulango Hulu ini. “Yang ditekankan, adalah lebih pada sosialisasi terus menerus kepada masyarakat, akan bakal rencana pembangunan Bendungan Bulango Hulu tersebut. Sehingga, rencana pemerintah pusat, untuk mulai melakukan realisasi pembangunan-nya, bisa dimulai pada tahun anggaran 2018 mendatang,” ujar Suharsi Igirisa, usai pertemuan. “Artinya, jika daerah, pemerintah dan masyarakat di provinsi Gorontalo, telah siap menerima bakal rencana pembangunan akan Bendungan Bulango Hulu ini, maka pemerintah pusat pun, sesegera mungkin merealisasikan pembangunannya. Jadi, sinergitas, koordinasi serta sosialisasi yang lebih menyeluruh kepada masyarakat, sangat diharapkan lebih digalakan sejak saat ini, di tahun 2017,” sahut srikandi Partai Golkar ini.

Ditanya, akan status perkembangannya saat ini? Suharsi menjelaskan bahwa terkait bendungan Bulango Hulu tersebut, saat ini tengah diupayakan tahapan pengurusan administrasi-nya, berupa Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dan kajian-kajian lainnya, akan kelayakan pembangunan Bendungan Bulango Hulu tersebut. “Kita berharap, semua pihak terkait, pusat, provinsi, dan kabupaten Bone Bolango, terlebih di lingkup masyarakat-nya, saling mendukung satu sama lain, menyangkut bakal pembangunan bendungan Bulango Hulu ini. Sehingga, dengan ketambahan satu lagi infrastruktur akan bendungan di provinsi Gorontalo, lebih berdampak dan dimanfaatkan pada pemerataan akan peningkatan kesejahteraan masyarakat di seluruh provinsi Gorontalo,” harap Suharsi, diamini segenap jajaran keanggotaan Komisi III Deprov Gorontalo. (ay1/rg)

Share

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.